Cara Mengatasi Rounding Error dengan Mudah

Cara Mengatasi Rounding Error dengan Mudah

Admin
Admin・ 22 Januari 2022
6 min read ・ 264 views

Bagi Anda para developer ataupun programmer, pasti sudah banyak menjumpai permasalahan pada saat pengkodingan. Salah satu masalah yang cukup sering ditemui yaitu rounding error atau kesalahan pembulatan. Pada saat menjumpai masalah tersebut, tindakan penanganan apa yang biasanya Anda lakukan? Tentunyya, Anda harus melakukan cara mengatasi rounding erorr secara tepat agar permasalahan tersebut tidak terulang kembali.

Mengatasi rounding error adalah satu satu hal yang harus dikuasai oleh para programmer. Hal tersebut karena rounding error termasuk kesalahan umum yang sering terjadi. Oleh karena itu, penting bagi para programmer untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut secara cepat dan tepat. Penasaran bagaimana cara mengatasi rounding error tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini dengan seksama.

Pengertian Rounding Error

Sebelum memasuki pembahasan cara mengatasi rounding error, Anda harus mengerti dan memahami apa yang dimaksud rounding error terlebih dahulu. Seperti namanya, rounding error atau kesalahan pembulatan adalah sebuah kesalahan yang terjadi pada saat komputer dan program tidak bisa membulatkan angka secara benar.

Penyebab dari terjadinya rounding error yaitu kapasitas komputer dalam menyimpan suatu data. Seperti yang diketahui, komputer memanglah sebuah perangkat yang memiliki keterbatasan. Dalam kasus rounding error, komputer yang digunakan untuk pengkodingan tidak mampu menyimpan data tertentu sehingga perhitungan pembulatan mengalami masalah.

Rounding error termasuk ke dalam jenis kesalahan numerik. Kesalahan numerik yaitu sebuah jenis kesalahan yang biasa muncul karena terdapat proses hampiran atau pendekatan. Akibat dari kesalahan numerik ini yaitu data yang ditampilkan menjadi tidak akurat dan presisi. Setelah itu, kesalahan ini dapat membuat pengkodingan gagal.

Walaupun rounding error merupakan salah satu permasalahan umum pada saat pengkodingan, pemecahan permasalahan ini harus dilakukan secara cepat dan tepat. Dengan begitu, kegiatan pengkodingan dapat berjalan lancar dengan mendapatkan hasil yang akurat dan presisi sehingga tidak akan menjumpai kesalahan yang serupa.

Cara Mengatasi Rounding Error

Mengatasi salah satu permasalahan umum yang sering terjadi pada pengkodingan, yaitu rounding error dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat beberapa cara yang terbukti ampuh dan mudah dilakukan untuk mengatasi rounding error. Berikut ini adalah cara mudah menatasi rounding error yang bisa dilakukan secara mandiri.

Memastikan Kebenaran dari Algoritma

Cara mengatasi rounding error pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kebenaran algoritma yang dibuat ataupun ditulis. Seperti yang diketahui, algoritma merupakan aspek yang sangat penting dan sangat berpengaruh pada keberhasilan pengkodingan. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa algoritma yang Anda ketikkan tidak ada kesalahan satu karakter pun.

Baca dan telitilah setiap baris algoritma yang Anda buat dengan seksama.

Untuk bisa memastikan apakah algoritma yang Anda tuliskan sudah benar, Anda dapat menggunakan bantuan peralatan serta fitur khusus yang mampu mendeteksi kesalahan penulisan algoritma. Apabila fitur tersebut diaktifkan, maka komputer akan secara otomatis mendeteksi dan memunculkan berbagai kesalahan yang ada pada algoritma yang telah Anda tulis.

Selain itu, terdapat cara lain yang bisa digunakan untuk memastikan kebenaran algoritma yang ditulis. Apabila Anda tidak terlalu yakin dengan kemampuan yang dimiliki dalam membuat algoritma, maka Anda dapat menggunakan referensi lain. Carilah referensi yang kredibel sehingga dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk menjalankan program yang sukses dan tidak bermasalah.

Setelah Anda menemukan referensi yang kredibel, maka Anda dapat langsung mencocokkan algoritma yang telah Anda buat dengan teori dan penjelasan yang ada pada referensi tersebut. Pahami pula contoh-contoh yang ada pada referensi tersebut sehingga dapat menjadi acuan untuk Anda.

Apabila Anda menemukan kesalahan pada algoritma yang ditulis, maka segera ganti algoritma tersebut dengan yang benar sesegera mungkin. Tetapi apabila Anda tidak menemukan suatu kesalahan pun, maka Anda perlu mencoba cara mengatasi rounding error yang lain.

Mengganti Kalimat Pengkodingan

Apabila Anda menuliskan perintah koding untuk pembulatan angka, pasti umumnya yang digunakan adalah simbol “=”. Penggunaan simbol sama dengan tersebut yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan kesalahan pembulatan.

Oleh karena itu, apabila dalam kalimat koding untuk pembulatan angka Anda masih menggunkan simbol “=”, maka hilangkan simbol tersebut. Ganti simbol tersebut dengan memasukkan nilai toleransi kesalahan. Tentunya, pilih nilai toleransi kesalahan dengan nilai yang sangat kecil.

Apabila Anda membandingkan dua buah bilangan real yang nilainya sama, maka sebaiknya Anda menggunakan nilai toleransi kesalahan yang kecil. Misalnya saja, nilai toleransi yang Anda buat adalah 10. Dengan begitu, apabila terdapat perbedaan dari kedua bilangan real yang nilainya kurang dari angka toleransi tersebut, maka nilai dari kedua bilangan tersebut akan dianggap sama.

Cara Meminimalkan Rounding Error

Setelah Anda mengetahui tentang cara mengatasi rounding error, hal lain yang perlu Anda ketahui yaitu cara meminimalkan rounding error. Cara ini merupakan salah satu cara pencegahan agar tidak terjadi rounding error sehingga menimbulkan banyak permasalahan lain.

Dengan meminimalkan rounding error, berarti Anda telah mengambil langkah bijak sebagai seorang programmer atau developer. Hal tersebut karena apabila terjadi permasalahan di tengah proses proyek, maka akan lebih menyusahkan sang programmer itu sendiri. 

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan rounding error pada saat pengkodingan. Cara-cara tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengubah jenis data menjadi double precision

Cara ini dapat dilakukan dengan menulis perintah pemrograman. Pastikan Anda menulis perintah pemrograman tersebut secara benar agar jenis datanya dapat berubah keseluruhan.

  1. Melakukan grouping

Melakukan grouping merupakan cara kedua yang bisa Anda lakukan. Kategorikan data angka-angka yang sama ke dalam satu grup dengan cara menuliskannya ke dalam perintah pemrograman. Jangan lupa selalu pastikan kebenaran penulisan kalimat pemrogramannya.

  1. Memperluas deret Taylor

Cara selanjutnya yang dapat meminimalkan kesalahan pembualatan selama pengkodingan yaitu memperluas deret Taylor yang digunakan. Tujuan dari memperluas deret Taylor yaitu untuk meningkatkan akurasi data hasil kalkulasi.

  1. Mengubah definisi variabel

Dengan mengubah definisi variabel yang Anda tuliskan pada awal pengkodingan, maka secara otomatis dapat mengubah proses pembulatan. Anda harus mengubah definisi variabel setepat mungkin sehingga tidak akan terjadi lagi kesalahan pada saat pembulatan angka.

  1. Menuliskan kembali persamaan

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pembulatan yaitu menuliskan kembali persamaan atau kalimat perintah pemrograman. Tuliskan kembali persamaan yang dapat mencegahnya dari operasi bilangan berupa pengurangan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi rounding error yang dapat Anda praktikkan secara mandiri. Apabila Anda telah berhasil mengatasi kesalahan pembulatan angka pada saat pengkodingan, maka untuk selanjutnya selalu pastikan bahwa Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas dapat membantu!

Tinggalkan Komentar
Loading Comments