Inilah Beberapa Panduan Lengkap Dalam Memulai Belajar Javascript Untuk Pemula

Inilah Beberapa Panduan Lengkap Dalam Memulai Belajar Javascript Untuk Pemula

Admin
Admin・ 14 Februari 2022
7 min read ・ 1178 views

Dalam dunia pemrograma JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer digunakan oleh para developer dalam pembuatan suatu website agar bisa lebih dinamis. Namun sebagai seorang developer pemula tentu sangat bingung dalam memulai pembelajaran JavaScript harus mulai dari mana. Jangan khawatir karena ulasan berikut akan memandu Anda dalam belajar JavaScript untuk pemula mulai dari mengenal JavaScript lebih jauh dan tips dalam mempelajarinya. 

Dimana pada faktanya dengan dukungan bahasa pemrograman JavaScript ini berbagai jenis halaman website dapat memunculkan berbagai gerakan interaktif tanpa harus dimuat ulang terlebih dahulu,artinya dalam keseharian di dunia internet tentunya JavaScript ini selalu berperan. Hasil JavaScript tersebut bisa dilihat pada contoh dari halaman platform sosmed atau pada mesin pencari yang bisa memberikan saran secara otomatis. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Seputar Informasi Tentang Panduan Lengkap Dalam Belajar Javascript Untuk Pemula

Agar Anda sebagai pemula yang baru mempelajari dunia pemrograman melalui JavaScript, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  • Pengertian JavaScript 

Perlu Anda ketahui sebagai seorang pemula dalam dunia pemrograman dimana JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang difungsikan untuk membangun suatu website dari sisi client (Client side), sehingga bisa membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif. Sementara untuk definisi lengkapnya JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, dengan jenis scripting language, ditulis secara dinamis (dynamically typed) dan dijalankan oleh interpreter. 

Jadi maksud dari JavaScript yang tergolong jenis bahasa tingkat tinggi artinya ia memiliki aturan penulisan yang menyerupai bahasa manusia, sedangkan Scripting language berarti JavaScript ini merupakan bahasa pemrograman yang tertanam dalam program lebih besarseperti web browser. Sementara itu maksud dari Dynamically typed adalah satu variabel progam pada coding JavaScript bisa berisi tipe yang berbeda, sedangkan bahwa JavaScript dijalankan oleh interpreter adalah bahwa ia harus diterjemahkan ke dalam bahasa komputer agar bisa dijalankan. 

  • Alasan Belajar JavaScript

Terdapat beberapa alasan mengapa belajar JavaScript untuk pemula itu sangat dianjurkan terlebih jika Anda seorag programmer atau developer, berikut penjelasan pentingnya belajar bahasan pemrograman JavaScript. 

  • Bahasa Pemrograman bersifat Open source artinya Anda bisa bebas menggunakan bahasa ini tanpa perlu meminta izin lisensi untuk belajar maupun untuk suatu kepentingan lainnya, selain itu semua fiturnya juga tersedia secara gratis. 
  • Pada dasarnya seluruh browser yang ada sudah memiliki jenis engine untuk menjalankan JavaScript dan bisa langsung melihat hasil codingnya, oleh karena itu mengapa JavaScript tidak memerlukan instalasi untuk menggunakannya. 
  • JavaScript memiliki komunitas yang luas, suportif dan merupakan bahasa pemrograman dengan ekosistem yang besar, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mempelajari JavaScript. 
  • Hal yang Harus Disiapkan Untuk Belajar JavaScript

Berikut adalah beberapa peralatan yang harus disiapkan sebelum mempelajari bahasa pemrograman JavaScript, diantaranya sebagai berikut. 

    • Menyiapkan platform editor teks sesuai dengan kebutuhan Anda seperti, Sublime Text, Atom, Notepad++, dan lainya.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan peramban website, seperti Google Chrome, Opera, Firefox, atau Dolphin.
  • Lalu hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan selanjutnya dalah Server website, dimana nanti akan dipakai untuk memproses dan menjalankan kode program seperti PHP dan HTML yang secara umum akan dikolaborasikan dengan JavaScript.

4. Beberapa Tips Belajar JavaScript Untuk Pemula 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai belajar bahasa pemrograman JavaScript.

  • Bisa Memulai Dari Dasar Bahasa Pemrograman

Agar lebih memahami apapun jenis bahasa pemrograman yang akan dipelajari, maka sebaiknya dalam memulai belajar harus dimulai dari ilmu yang paling dasar. Oleh karena itu meski konsep awal lebih cenderung simple dan tidak bertele – tele namun Anda harus siap menghabiskan waktu untuk memperdalam ilmu dasar bahasa pemrograman agar bisa mendapatkan pemahaman secara penuh. 

  • Bisa Mengunduh Editor Kode Atau Menggunakan Editor Online

Tips yang kedua Anda harus mengunduh platform teks editor kode yang nantinya sangat diperlukan dalam belajar JavaScript, karena platform editor kode ini merupakan aplikasi yang esensial dan akan selalu dibutuhkan oleh para pengembang maupun programmer. Salah satu teks editor terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Atom, karena selain bisa menuliskan kode JavaScript berkualitas tinggi platform tersebut juga menyematkan berbagai fitur gratis dan mudah digunakan.

  • Bisa Mengikuti Pelatihan Online Pemrograman

Selain menjadi metode pembelajaran yang tepat, mengikuti pelatihan online bertujuan agar bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih optimal terutama bagi para pemula yang baru mengenal dunia pemrograman. Oleh karena itu sebagai pemula Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan online yang mengajarkan bahasan pemrograman secara berbayar atau gratis, bahkan pelatihan ini bisa diikuti menyesuaikan dengan waktu Anda, artinya sangat fleksibel. 

  • Harus Berani Dalam Bereksperimen

Adanya komitmen yang kuat untuk belajar dan berani bereksperimen merupakan salah satu kunci sukses dalam belajar JavaScript untuk pemula, karena bagian yang paling penting dari kegiatan pembelajaran adalah perbanyak latihan. Oleh karena itu setelah mengikuti pelatihan secara online Anda harus bisa menerapkannya dengan mencoba menulis kode sendiri atau berlatih koding secara mandiri dengan begitu maka kemampuan Anda bisa lebih berkembang.

Untuk mencoba latihan dalam belajar  maka Anda bisa mengunduh teks editor kode lalu cobalah mencari beberapa kode sumber terbuka yang tersedia di GitHub, kemudian coba pilih yang menarik dan unduh dan buka pada editor kode Anda. Disitu Anda bisa mempelajari dengan teliti hingga sampai benar – benar paham pada setiap baris kodenya.

Selain itu Anda juga bisa melakukan latihan pemrograman dengan mengikuti beberapa lomba coding yang bisa dicari dalam mesin pencarian Google, karena pada umumnya lomba telah dirancang untuk orang yang ingin belajar atau mencari kode JavaScript. 

  • Cari Mentor yang Tepat dan Catat Hal – Hal  yang Dipelajari 

Seringkali seorang pemula akan jenuh dan bahkan sulit untuk termotivasi dalam belajar programmer secara mandiri tanpa adanya mentor, karena disini dengan adanya mentor maka bisa membantu Anda dalam meningkatkan ketrampilan coding, menulis apik, hingga mencapai karir programmer. 

Pada umumnya Anda bisa menemukan mentor secara gratis pada berbagai forum atau grup obrolan online, namun jika Anda benar – benar ingin mentor yang profesional maka Anda harus menyipakan sejumlah dana untuk membayarnya. Kemudian agar hasil belajar bisa diperoleh secara efektif maka Anda harus mencatat beberapa ide atau konsep yang rumit atau sulit untuk dipahami, dengan begitu proses pembelajaran Anda bisa berjalan dengan efektif dan efisien. 

Nah itulah beberapa hal yang wajib diketahui dalam belajar JavaScript untuk pemula sebagai programmer yang handal, semoga bermanfaat dan selamat belajar. 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments