Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded di Xampp

Mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded di Xampp

Admin
Admin・ 22 Februari 2021
2 min read ・ 8082 views

Error Xampp - Xampp merupakan software yang biasa digunakan sebagai local server atau localhost. Xampp merupakan singkatan dari X (OS), Apache, Mysql/MariaDB, PHP, Perl. Xampp merupakan software yang bisa digunakan secara cross platform artinya bisa digunakan di berbagai OS yang berbeda-beda seperti OS Windows, Mac OS, OS Linux atau bisa juga di Solaris.

Saat menggunakan Xampp, kadang juga menemukan error seperti Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded in C:\xampp\phpMyAdmin\libraries\classes\Dbi\DbiMysqli.php on line 199. Error seperti ini biasanya muncul saat hendak import database file. Error seperti disebabkan karena ukuran  database file yang akan di import sangat besar sehingga akan membutuhkan waktu import yang sangat lama dan melebihi batas waktu eksekusi yang telah ditentukan. Untuk mengatasi Error Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded in C:\xampp\phpMyAdmin\libraries\classes\Dbi\DbiMysqli.php on line 199 bisa diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:

  1. Cari file config.default.php di dalam direktori C:\xampp\phpMyAdmin\libraries (direktori xampp di windows).
  2. Edit file config.default.php tersebut.
  3. Cari record bagian $cfg['ExecTimeLimit'] = 300;
  4. Tambahkan value 300 seperti misalnya 3000 atau berapa, kemudian save.
  5. Restart xampp.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang silahkan dicoba lagi melakukan import database file yang sebelumnya akan diimport. Sekarang seharusnya sudah tidak gagal lagi atau terjadi error lagi seperti Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded in C:\xampp\phpMyAdmin\libraries\classes\Dbi\DbiMysqli.php on line 199.

Disclaimer:

  • Langkah-langkah di atas telah dicoba untuk xampp di windows.
  • Xampp yang digunakan adalah yang versi 3.2.4 atau xampp-windows-x64-8.0.2-0-VS16-installer

Sekian artikel tentang cara mengatasi Fatal error: Maximum execution time of 300 seconds exceeded in C:\xampp\phpMyAdmin\libraries\classes\Dbi\DbiMysqli.php on line 199 di windows ini. Jika ada masukan, kritik, saran atau apapun yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di form komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments