Belajar Web Automation Testing Dengan Katalon Recorder

Belajar Web Automation Testing Dengan Katalon Recorder

...
Hilmi・ Created at 13 Desember 2020
4 min read ・ Updated at 13 Desember 2020

Belajar Katalon Recorder - Selain bisa melakukan automation testing dengan Katalon Studio, kita juga bisa melakukan web automation testing dengan ekstensi browser Katalon Recorder. Di artikel ini kita akan sama-sama belajar web automation testing dengan Katalon Recorder.

Katalon Automation Recorder adalah perekam otomasi yang dapat digunakan untuk merekam tindakan, menangkap elemen web pada aplikasi web, memutar test case dan melakukan pelaporan dengan cepat dan mudah.

Katalon Recorder adalah produk gratis yang dikembangkan oleh tim TestOps (https://analytics.katalon.com).

Langkah-langkah memulai web automation testing dengan Katalon Recorder:

Katalon recorder

1. Tambahkan ekstensi Katalon Recorder ke browser kita. Ekstensi Katalon Recorder bisa kita dapatkan disini , kemudian tekan tombol Tambahkan ke Chrome atau add to chrome.

belajar web automation dengan katalon recorder

2. Buka website yang akan dilakukan pengujian, kemudian klik ekstensi Katalon Recorder di browser teman-teman. Saat kita klik ekstensi Katalon Recorder, maka kita akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar di atas. Di langkah ini, silahkan buat Test Suite baru dengan menekan icon plus (red) di pokok kiri atas di sebelah kanan teks Test Suite.

create test suite

Di percobaan kali ini, saya akan membuat test suite dengan nama Laniaga karena saya akan mencoba melakukan pengujian di website toko online laniaga.com. Jika form sudah terisi, silahkan tekan tombol OK.

web automation dengan katalon recorder

3. Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan membuat test case baru. Caranya, klik tanda 3 titik di sebelah test suite yang baru kita buat dilangkah nomor 2. Kemudian pilih Add New Test Case.

selenium test generator

Kemudian masukkan nama test case yang akan Anda lakukan. Pada contoh gambar di atas, saya membuat test case baru dengan nama search karena saya akan melakukan pengujian fitur search. Jika sudah terisi, silahkan tekan tombol OK.

menu bar katalon recorder

4. Setelah membuat test case baru, selanjutnya silahkan klik pada teks test case baru tersebut kemudian tekan icon Record seperti gambar di atas untuk memulai pengujian pada website Anda. Dengan menekan Record, anda akan diarahkan ke website Anda. Silahkan lakukan pengujian sesuai skenario Anda. Di percobaan kali ini, saya mencoba melakukan pengujian fitur search product jadi saat pengujian berlangsung saya akan akan menjalankan skenario mulai dari mencoba mengetikkan teks di form search dan masuk ke hasil pencarian tersebut.

test result

5. Jika pengujian untuk test case pertama sudah selesai, silahkan masuk lagi ke halaman Katalon Recorder dan tekan Stop yang ada di navbar untuk menghentikan perekaman.

hasil dari web automation testing dengan katalon recorder

6. Setelah melakukan proses recorde, selanjutnya kita perlu mengetahui apakah ada error atau tidak dalam proses pengujian dengan skenario yang telah kita tentukan tadi. Untuk memutar kembali atau playback, silahkan tekan icon Play yang ada di navbar. Dengan menekan icon tersebut, Katalon Recorder akan memutar kembali apa yang telah kita kerjakan tadi. Tunggu sampai Katalon Recorder selesai. Setelah selesai, silahkan masuk lagi di halaman Katalon Recorder, lihat apakah ada yang failed atau tidak. Pada gambar di atas, di test case search saya, tidak ditemukan error atau failed yang artinya untuk fitur search lolos atau sukses dalam pengujian. 

Selesai. Untuk percobaan di test case pertama sudah selesai kita lakukan. Silahkan ulangi lagi dengan membuat test case baru lagi.

Kesimpulan: pada artikel ini kita bisa mengetahui bahwa Katalon Recorder bisa dijadikan opsi juga untuk tools pengujian suatu aplikasi berbasis web selain menggunakan software Katalon Studio. Di artikel yang akan datang, kita akan bahas lagi tentang bagaimana cara menguji aplikasi web di Katalon dengan topik yang lainnya.

Jika ada yang perlu pertanyaan, masukan, kritik, saran atau apapun yang ingin didiskusikan silahkan tulis komentar di form komentar disqus di bawah ini.

See you. 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia