Membuat Fitur Verifikasi Email di Laravel

Membuat Fitur Verifikasi Email di Laravel

...
Hilmi・ Created at 5 September 2020
4 min read ・ Updated at 5 September 2020

Verifikasi Email Laravel - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat verifikasi email di laravel dengan mamanfaatkan service mailtrap. Untuk membuat verifikasi email dengan mailtrap bisa dibilang cukup mudah. Dan berikut adalah langkah-langkah membuat verifikasi  email dengan mailtrap di laravel:

Jangan lupa untuk menginstall project laravel dan install laravel ui untuk fitur authentication. Dan juga jangan lupa membuat database baru, menyesuaikan DB_DATABASE di .env dan menjalankan php artisan migrate.

1. Langkah pertama, kita kita harus register atau daftar terlebih dahulu di mailtrap. Jika sudah mendaftar, kita akan mendapatkan username dan password mailtrap seperti gambar di bawah ini,



Selanjutnya kita bisa copy script yang diberi tanda di atas, kemudian kita paste-kan di file .env sehingga di file .env akan seperti di bawah ini


2. Selanjutnya, buka model User dan tambahkan implements MustVerifyEmail seperti gambar di bawah ini.


3. Di Langkah ketiga, tambahkan route Auth::routes(['verify' => true]); di routes/web.php. Sehingga tampilan di file web.php akan seperti di bawah ini


4. Dan langkah terakhir menambahkan middleware 'verify' di HomeController. Sehingga tampilan di HomeController akan seperti gambar di bawah ini.


Dengan menambahkan middleware verify, itu artinya Controller atau home page yang dipanggil di controller ini hanya bisa diakses oleh user yang telah terverifikasi emailnya.
 
OK, sekarang kita coba verifikasi email dengan register terlebih dahulu. jalankan php artisan serve, kemudian buka project kita di browser. Masuk ke menu register dan inputkan nama, email, password dan confirm password seperti contoh di bawah ini.

Ketika di klik register maka kita akan di direct ke halaman email/verify seperti gambar di bawah ini.

Dan jika kita cek lagi di mailtrap, maka akan ada email baru yang masuk seperti di bawah ini.


Jika kita klik Verify Email Address, maka kita akan di direct ke homepage atau halaman home project kita.
 
Sekian artikel kali ini mengenai cara membuat verifikasi email dengan mailtrap di laravel.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia