Mengenal Blogger vs Weebly, Mana yang Lebih Unggul

Mengenal Blogger vs Weebly, Mana yang Lebih Unggul

Admin
Admin・ 7 Februari 2022
6 min read ・ 537 views

Saat ini pemanfaatan website menjadi sangat luas, mulai dari untuk berbisnis, mencari info – info terkini, dan lainnya. Untuk Sebagian orang, terkadang mempunyai website yang gratis masih menjadi opsi sebelum serius terjun ke dunia website. Diantara website gratis yang dapat digunakan adalah Blogger dan weebly, namun diantara blogger vs weebly manakah yang lebih cocok digunakan? 

Kedua platform ini cukup populer dan mempunyai fitur – fitur yang menarik untuk digunakan walaupun mungkin tidak jauh berbeda. Menggunakan blogger dan weebly ini juga cukup mudah karena Anda tidak perlu menguasai coding, selain itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatannya. Dengan begitu kedua platform ini sangat cocok untuk yang masih pemula.

 Antara Blogger vs Weebly, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik

Blogger vs Weebly dijadikan opsi dalam memilih website yang mudah dan tidak ribet, berikut adalah pembahasannya mengenai kedua platform tersebut:  

Blogger

Blogger atau biasa dikenal dengan Blogspot, merupakan sebuah platform yang dirilis tahun 2003 dan diakuisisi oleh Google Inc., Blogger merupakan sebuah platform untuk membuat blog paling awal serta paling banyak digunakan.

 Blogger ini sangat populer karena pemanfaatannya dalam website, blogger ini memiliki fitur back-end yang mudah dipakai, memiliki desain yang lengkap, serta dilengkapi dengan fitur customize untuk menjadikan blog Anda sesuai dengan kemauan dan style para usernya.

Kelebihan dari Blogger:

  • Platform dari blog atau web ini tersedia secara gratis serta ruang disknya yang tidak memiliki Batasan pada traffic harian ruang disk, atau bandwidth.
  • Website atau Blog ini dikelola oleh server dari Google. Dengan begitu para pemilik blog atau web bisa menyimpan foto, video, dan multimedia lainnya tanpa batasan dan juga aman.
  • Anda Tidak perlu memiliki skill untuk coding yang mumpuni. Saat ini sudah terdapat berbagai template yang ada, dengan begitu akan memudahkan Anda untuk membuat blog Anda sesuai dengan mood atau kemauan Anda.
  • Blogger ini dilengkapi dengan analytic built in (bawaan) yang dapat membantu Anda dalam memantau langsung performa dari situs Anda, Analytic built ini dapat digunakan untuk memahami serta mengenali tiap – tiap karakteristik dari para pengunjung yang mengunjungi  situs Anda, mulai dari lokasi sampai dengan minatnya.
  • Blogger didukung oleh Google AdSense, dengan begitu para usernya bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang pada blog atau website.

 Kekurangan dari Blogger:

  • Blog atau website ini terbatas pada struktur dari URL Blogspot. Com Blogger, kecuali apabila user mau melakukan pengaturan pada DNS untuk membuat nama domain sendiri (TLD) yang terhubung dengan website. namun membuat nama domain sendiri memerlukan biaya sendiri.
  • Membuat blog di blogger atau website sangat tergantung pada support teknis dari Google. Hal tersebut cukup rentan, apabila tiba - tiba Google memutuskan untuk menonaktifkan platform ini. Seperti yang dilakukan Google pada Feed burner.

Berdasarkan pembahasan mengenai kelebihan serta kekurangan dari Blogger di atas, maka bisa ditarik kesimpulan kalau Blogger adalah jenis platform yang gampang dipakai serta diatur. Sehingga membuat platform tersebut sangat cocok untuk dipakai oleh para pengguna newbie.

Apabila Anda berhasil menjalankan web atau blog Anda, kemudian Anda mau mengembangkannya dengan lebih serius serta profesional.  Maka, user dapat berganti dengan mudah pada platform blog atau web yang lain atau memakai blog atau web dengan memakai domain sendiri

Weebly

Weebly diciptakan oleh Dan Chris dan David pada tahun 2002 di San Fransisco. Saat ini Weebly sudah menjadi platform pembuatan website yang sudah digunakan dalam pembuatan 40 juta lebih website.

walaupun Weebly ini sedikit berbeda dengan Blogger. Weebly tetap menjadi platform pembuatan website yang sederhana, mudah dalam cara kerjanya serta dirancang untuk website drag-and-drop atau website yang mempunyai user interface WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Walaupun hingga saat ini weebly sudah banyak dipakai untuk membangun serta mengembangkan websitenya. Tetap saja begitu harus diingat kalau Weebly lebih cocok disebut sebagai saingan Wix.com daripada Blogger ataupun platform pembuatan website lainnya.

 Kelebihan dari Weebly:

– Weebly mempunyai versi yang free, versi gratis ini cocok bagi para pengguna pemula yang mau mencoba membuat websitenya sendiri sebelum pada akhirnya menggunakan website yang lebih serius. untuk mengembangkan Weebly ini menjadi website yang lebih advance dan tetap berjalan pada layanan nya, para user dapat memakai versi premiumnya, yaitu Starter dan Pro.

–  untuk mendaftarkan diri di Weebly caranya cukup mudah, karena Anda hanya memerlukan alamat email, Facebook, ataupun akun Google.

– walaupun menggunakan versi yang gratis, Weebly tetap memiliki fitur yang lengkap serta menyediakan berbagai desain template dan tema yang bisa dipakai untuk membuat berbagai jenis situs.

 

  • Weebly berjalan dengan basis website builder.  Yang berarti Weebly menjadi layanan pembuatan website yang mempunyai berbagai tool pendukung untuk membuat website, tanpa perlu melakukan coding.

Dengan menggunakan Weebly maka user dapat membuat website yang fungsional secara instan dan juga mudah karena hanya perlu melakukan cara drag and drop. User hanya perlu menyeret serta meletakkan macam - macam objek dengan mouse.

Setelah itu lanjutkan dengan memasukan teks dan memuat gambar. Setelah itu hanya dengan waktu yang singkat saja. Anda sudah dapat membuat website yang dapat digunakan.

  • tersedianya integrasi dengan pihak ketiga yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan fungsi serta fleksibilitas dari website Adna, dengan begitu Anda bisa dapat E-Commerce, website, serta fitur lainnya.
  • Tentunya SEO merupakan factor utama dalam keberhasilan pembuatan website. Karena itu Weebly juga dilengkapi dengan layanan SEO Built In. fitur SEO built in (bawaan) ini bisa menghubungkan website Anda secara langsung ke server Weebly, dengan begitu dapat membantu Anda untuk memperoleh kesempatan agar dapat bisa menempati posisi teratas dalam mesin pencarian.

 Kekurangan dari Weebly:

– Weebly ini kurang cocok untuk digunakan sebagai situs khusus blog. karena Weebly ini lebih mengarah ke layanan untuk membuat website serta website untuk toko online.

– Apabila Anda menggunakan weebly versi gratis untuk membuat website, terdapat pembatasan pada tempat penyimpanan file yang hanya sebesar 500 MB saja. Tentu, dengan ruang penyimpanan sebesar itu akan sangat terbatas ketika akan mengupload foto ataupun video. Anda harus membeli versi full nya untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih besar.

Penutup

Itulah pembahasan Blogger vs Weebly yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan website keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda dapat memilih mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda.

 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments
Bookmark
Windows Linux Mac
Ctrl + D Ctrl + D ⌘ + D
Follow us