Wajib Tahu, Perbedaan Website dengan Web App

Wajib Tahu, Perbedaan Website dengan Web App

Admin
Admin・ 6 Februari 2022
6 min read ・ 753 views

Saat ini, banyak sekali platform digital yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan. Contoh platform digital yang sangat familiar bagi semua orang adalah website dan web app. Namun, apakah Anda tahu perbedaan dari kedua platform tersebut? Meskipun banyak digunakan, tetapi tidak sedikit orang yang tidak mengetahui perbedaan keduanya. Lantas, apa saja perbedaan website dengan web app yang paling menonjol?

Website dan web app merupakan sebuah platform yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Walaupun sama-sama menjadi platform penyedia informasi, tetapi keduanya memiliki banyak perbedaan. Perbedaan yang dimiliki pun bahkan dapat ditemukan dalam berbagai aspek. Penasaran apa saja perbedaan diantara keduanya yang mudah dikenali? Yuk simak informasi berikut ini dengan seksama dan pastikan jangan sampai terlewat ya!

Apa Itu Website dan Web App?

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah website dan web app. Kedua istilah tersebut merujuk pada platform digital yang sangat familiar di kehidupan. Website merupakan sekumpulan halaman yang dimiliki oleh suatu domain yang ada di internet. Agar dapat menggunakan website, Anda harus mengaksesnya menggunakan browser. Tujuan dari adanya website ini yaitu untuk menyampaikan dan mempublikasikan berbagai macam informasi, baik dalam bentuk teks, audio, atau video kepada para pembaca.

Sedangkan web app atau web application adalah sekumpulan halaman yang dimiliki oleh suatu domain di internet yang dilengkapi berbagai fitur khusus sehingga memungkinkan terjadinya interaksi. Selain menyampaikan informasi, web app biasanya memiliki fungsi lainnya yang mendukung para pengguna atau pembacanya aktif berinteraksi.

Perbedaan Website dengan Web App

Website dengan web app memiliki perbedaan yang sangat menonjol di berbagai aspek. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai perbedaan kedua platform digital ini!

Karakteristik

Perbedaan pertama yang sangat menonjol dari website dan web app adalah karakteristiknya. Karakteristik kedua platform digital ini dapat dikatakan snagat berbeda. Untuk mengetahui apa saja perbedaan karakteristik pada keduanya, simaklah informasi yang disajikan pada tabel berikut!

Website

Web App

Hosting yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Umumnya menggunakan cloud hosting yang memiliki penggunaan data yang besar.

Berisi konten informatif yang mampu ditampilkan dalam bentuk statistik atau dinamis.

Hal yang ditonjolkan yaitu fitur serta kemudahan interaksi antar pengguna.

Dapat diakses melalui berbagai jenis browser, baik mobile ataupun desktop.

Dapat diakses melalui berbagai jenis browser serta dapat digunakan melalui lintas platform.

Menggunakan CMS untuk membuat sistem navigasi yang user friendly.

Sistem dirancang dengan bahasa pemrograman yang rumit.

SEO friendly.

Tidak semua konten dapat muncul di mesin pencarian Google karena akses terhadap konten tertentu memerlukan akun.

Berupa kumpulan halaman suatu domain di internet.

Berupa aplikasi yang dapat diakses melalui browser sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi.

 

Tugas dan Fungsi

Perbedaan website dengan web app selanjutnya dapat ditemukan pada tugas dan fungsinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, website bertujuan untuk publikasi atau memberikan informasi kepada para pembaca. Singkatnya, website merupakan sekumpulan halaman yang berisi informasi yang ditujukan untuk kegiatan tertentu yang mana pembaca tidak bisa melakukan interaksi.

Sedangkan tugas dan fungsi dari web app yaitu sebagai pengolah data serta informasi yang memiliki sistem otomatis. Contoh dari pengolahan data dan informasi yaitu pembayaran, pemberian ulasan, serta update produk secara real time. Dengan kata lain, setiap web app dibuat dengan memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kompleksitas

Aspek lain dari website dan web app yang memiliki perbedaan menojol adalah kompleksitas. Kompleksitas ini dipengaruhi oleh penggunaan serta fungsi masing-masing platform. Setiap fitur ataupun menu yang ada pada kedua platform tersebut tentu dikembangkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Oleh karena itu, kompleksitas yang dimiliki keduanya tentu berbeda.

Kompleksitas yang ada pada website tergolong lebih mudah dibandingkan dengan kompleksitas yang ada pada web app. Hal tersebut karena sistem navigasi yang ada pada website dirancang berdasarkan berbagai menu yang disusun secara rapi dan terstruktur. Berbeda dengan website, sistem web app dirancang berdasarkan fungsi. Setiap fungsi yang ada tentu memiliki pengaturan masing-masing sehingga menjadikannya lebih kompleks.

Interaksi

Perbedaan website dengan web app yang lainnya yaitu ada pada jenis interaksi. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, interaksi yang terjadi pada web app lebih interaktif dibandingkan dengan website. Hal tersebut juga sesuai dengan tujuan dari penggunaan masing-masing platform digital tersebut.

Website merupakan platform digital yang informatif sehingga hanya berfokus pada penyampaian informasi saja. Oleh karena itu, jenis interaksi yang terjadi pada platform digital ini termasuk satu arah. Pembaca tidak akan bisa memberikan tanggapan terhadap konten ataupun berinteraksi dengan pembaca lain.

Berbeda dengan website, web app memang dirancang agar dapat lebih interaktif. Ketika menggunakan web app, Anda mampu memberikan tanggapan terhadap konten serta dapat berinteraksi dengan pengguna lain, admin, ataupun komputer. Contoh dari interaksi yang dapat dilakukan di web app, yaitu transfer file, memberikan ulasan, serta melakukan pembayaran.

Komponen Pengembang

Selain 4 aspek di atas, komponen pengembang turut menjadi aspek yang menonjol dalam perbedaan website dengan web app. Maksud dari komponen pengembang yaitu teknis pembuatan dan pengembangan platform digital tersebut. Kebutuhan dasar untuk pengembangan website meliputi HTML, CSS, serta Javascript. Sama seperti website, komponen utama pengembang dari web app yaitu HTML, CSS, dan Javascript. Namun, untuk mengembangkan web app Anda juga dapat menggunakan PHP, Ruby, atau Python.

Apabila Anda ingin mengembangkan platform digital website secara lanjut, maka Anda akan membutuhkan CMS WordPress, Plugin, serta Tema. Akan tetapi apabila Anda ingin mengembangkan web app secara lebih lanjut, maka komponen yang dibutuhkan, meliputi frameworks Rails, Django, dan lain sebagainya.

Berdasarkan komponen yang disebutkan di atas, komponen yang dibutuhkan untuk pengembangan website lebih mudah digunakan. Hal tersebut karena komponen pengembang website tersebut tidak memerlukan coding yang rumit. Berbeda dengan website, komponen pengembang web app cukup rumit untuk digunakan. Anda akan membutukan para profesional untuk dapat mengembangkan web app karena memerlukan bahasa pemrograman yang rumit. Oleh karena itu, apabila Anda adalah seorang pemula, maka akan lebih mudah mengembangkan website dibandingkan dengan web app.

Website dan web app meruupakan platform digital yang memiliki banyak persamaan dan perbedaan. Namun begitu, perbedaan website dengan web app dapat dengan mudah diidentifikasi. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, tentunya Anda menjadi lebih tercerahkan sehingga dapat menentukan platform digital mana yang hendak digunakan untuk berbagai kegiatan Anda. Jadi, platform digital mana yang Anda pilih?

Tinggalkan Komentar
Loading Comments