Inilah Review NuxtJS yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Developer

Inilah Review NuxtJS yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Developer

Admin
Admin・ 24 Januari 2022
7 min read ・ 744 views

Dalam ulasan review NuxtJS maka Anda akan mengetahui definisi tentang Nuxt beserta keunggulan berbagai fitur yang terdapat didalamnya, sehingga bisa mempermudah para developer untuk membuat sebuah aplikasi web. Selain itu Nuxt atau NuxtJS menjadi salah satu jenis framework yang berfungsi untuk membuat Universal VueJS Application.

 

Bahkan jenis Framework NuxtJS ini dikenal sebagai framework yang bisa membangun aplikasi Server Side Rendered, dimana Node.js akan mengirimkan HTML ke klien bedasarkan komponen Vue Anda. Sehingga bisa memungkinkan kinerja SEO lebh baik. Bahkan dengan kemampuan NuxtJS dalam pembuatan situs web bisa dihasilkan secara statis untuk aplikasi. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan selengkapnya tentang NuxtJS berikut ini!

 

Seputar Informasi Lengkap Dari Review NuxtJS  

Agar Anda tidak bingung mengenai salah satu jenis framework bernama NuxtJS dimana namanya cukup populer di kalangan web developer terutama Front End Engineer, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1.    Definisi Tentang Nuxt.JS

NuxtJS menjadi salah satu framework open source yang bisa digunakan untuk membangun suatu website Front End yang berbasis Vue js. Keduanya jugamerupakan jenis framework namun memiliki perbedaan antara Nuxt dan Vue, dimana dalam menangani masalah rendering dalam websitenya.

 

Jadi jika pada framework Nuxt akan dirender dari server yang dikenal dengan nama SSR (Server Side Rendering), namun jika pada Vue akan dirender pada browser user yang dikenal istilah CSR (Client Side Redering). Bahkan juga terdapat keuntungan yang lebih besar saat menggunakan jenis framework NuxtJS, yaitu kemampuan dalam membuat situs web yang bisa dihasilkan secara statis untuk suatu aplikasi yang Anda buat.

 

2.    Keunggulan Dari Penggunaan Framework NuxtJS

Selain itu NuxtJS juga memiliki beberapa keunggulan yang menyertainya, berikut keunggulannya berdasarkan dari website resminya dan dari pengalaman para pengguna.

 

A.    Modular Architecture

Keunggulan pertama terdapat pada sisi modular, dimana NuxtJS telah dibangun berdsarkan pada modul architecture yang powerful. Bahkan terdapat lebih dari 50 mudul yang telah disediakan oleh framework pihak dari Nuxt untuk para developer dengan tujuan agar tidak terlalu sulit saat menggunakan framework Nuxt.

 

B.    Performant

Review NuxtJS selanjutnya terlihat pada keunggulan dari performant yang dimiliki, seperti halnya Vue yang dikenal memiliki kinerja yang ebih cepat jika dibandingkan dengan jenis frameworknya. Maka framework Nuxt juga begitu bahkan juga dipercaya memiliki performansi yang lebih optimal daripada framework SSR lainnya seperti Next.JS dan Sapper.

 

C.     Penggunaan yang Enjoyable

Keunggulan yang ketiga bisa secara langsung dirasakan, dimana memiliki penggunaan yang enjoyable karena para pengembang Nuxt lebih fokus terhadap Developer Experience. Jadi hal tersebut berarti para pengembang Nuxt ini akan memfokuskan untuk para developer dalam penggunaannya agar lebih nyaman dalam membangun aplikasinya.

 

D.    Store yang Simple

Jenis framework NuxtJS ini juga memiliki modul store yang sangat simple dibandingkan dengan jenis framework lainnya, sehingga para pengguna tidak akan binggung saat mamakainya. Selain itu karena telah tersedia folder store untuk meletakkan state management dalam Nuxt, maka pengguna tidak akan dipaksa untuk membuat state menagement dalam dalam satu file.

 

Bahkan Anda juga bisa membuat sesuai dengan kebutuhan dimana nantinya bisa digabungkan secara otomatis oleh Nuxt itu sendiri, karena pa tiap file storenya telah memiliki initial state mutation, getter, dan actions.

 

E.     Midlleware

Pada umumnya untuk jenis framework lainnya tidak tersedia middleware dari sisi client, namun berbeda dengan jenis framework Nuxt yang telah tersedia maka Anda menemukan Middleware untuk sisi client. Artinya pada Middleware dalam Nuxt akan bisa diakses dari sisi server maupun sisi client, sehingga jika ingin membuat modul authorization maka akan lebih mudah.

 

Bahkan juga terdapat hal menarik lainnya yaitu Middleware dalam Nuxt ini tidak hanya untuk izin akses saja, namun juga bisa memberikan props untuk tujuan tertentu dan hal tersebut sungguh sangat menarik untuk jenis framework.

 

F.     Vue – bootstrap

Perlu Anda ketahui bahwa dalam jenis framework NuxtJS CLI telah menyediakan berbagai macam bentuk framework CSS seperti, Bootstrap, Bulma, ant Design dan Vuetify, dengan begitu maka pengguna tidak perlu lagi menginstal secara manual untuk framework CSS maupun JQuery.

 

G.    Axios

Untuk Axios dalam framework NuxtJS sebenarnya tidak jauh berbeda dengan axios jenis lainnya, namun perbedaannya hanya terletak pada penggunaannya saja. Sebagian besar para developer akan memakai tutorial dari axios.get, namun jika dalam axios bawaan yang terdapat pada Nuxt cara pemakaiannya adalah this.$axios.$get karena axios tersebut telah diimplementasi dari dalamnya.

 

Tidak hanya itu bahkan di dalam fitur Nuxt config, pengguna pun bisa melakukan setting banyak hal secara global seperti baseUrl, header, token dan lainnya.

 

H.    Routing

Sama seperti axios dimana untuk routing pada NuxtJS juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis routing framework SSR lainnya, seperti juga berdasarkan nama file dan folder dalam folder page. Jadi jika pengguna menemukan parameter yang akan dilempar maka nama file harus diawali dengan underscore.

 

I.      Layout

Review NuxtJS selanjutnya yang lebih menarik adalah jenis framework Nuxt telah tersedia folder layout agar pengguna bisa membuat kerangka desain layout seperti halnya navbar, content, sidebar, footer. Selain itu content yang dimiliki oleh Nuxt sangat dinamin sehingga sesuai dengan halaman.

 

Keuntungan lainnya yang tidak kalah menarik adalah dalam layout NuxtJS ini pengguna tidak perlu lagi untuk copy paste dari struktur halaman di setiap halamannya. Sehingga dengan hal tersebut Anda bisa memberikan kondisi yang cukup dari file layout yang telah terimplementasi pada setiap halaman yang menggunakan layout tersebut.

 

Oleh karena itu mengapa framework NuxtJS ini akan memberikan developer experience bagi penggunanya bahkan sangat cocok digunakan untuk membuat project Front End dengan skala yang besar, karena memiliki struktur yang lebih baku sehingga aman untuk berbagai macam style developer.

 

3.    Beberapa Daftar Fitur NuxtJS

Dalam Framework tidak hanya memiliki fitur server side Rendering saja dimana bisa melakukan rendering dari sisi server saja, namun masih terdapat banyak fitur yang lebih unggul lainnya, diantaranya seperti :

 

  • Terdapat fitur Write Vue Files (*.vue)
  • Automatic Code Splitting
  • Server – Side Rendering
  • Powerful Routing System with Asychronous Data
  • Static File Serving
  • ES6 / ES7 Transpilation
  • Bundling and Minifying of Your JS & CSS
  • Managing <head> element (<title>, <meta>,)
  • Hot module replacement in Development (Hot Reload)
  • Pre – processor : Sass, Less, Stylus, etc.
  • HTTP / 2 push headers ready
  • Extending with modular architecture.

 

Nah itulah ulasan lengkap tentang review NuxtJS yang dikenal sebagai salah satu jenis framework open source dengan berbagai fitur keunggulan yang dimilikinya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments
Bookmark
Windows Linux Mac
Ctrl + D Ctrl + D ⌘ + D
Follow us