Rekomendasi Ekstension untuk Memudahkan Coding yang Dapat Jadi Pilihan

Rekomendasi Ekstension untuk Memudahkan Coding yang Dapat Jadi Pilihan

Admin
Admin・ 17 Februari 2022
7 min read ・ 772 views

Coding sudah menjadi hal yang dilakukan oleh banyak orang dalam berbagai macam hal. Ada banyak produk atau orang yang memang membutuhkan kode dalam melakukan pengembangan. Sementara itu, kode pemrograman sendiri membutuhkan rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding.

Ekstension menjadi hal yang penting dalam suatu program. Hal ini dikarenakan ekstension adalah file yang isinya adalah pemrograman untuk memperluas kemampuan data. 

Jadi, data yang tersedia akan diperluas ke dalam program yang jauh lebih mendasar.  Ada banyak manfaat lain dari ekstension jika berkaitan dengan program. Karena itu, Anda perlu memilih yang sesuai.

Ini Rekomendasi Ekstension untuk Memudahkan Coding

Tentunya, ekstension menjadi hal yang penting untuk pemrograman seperti yang telah Anda baca sebelumnya.  Paling banyak orang menggunakan ekstension ini dalam bentuk pustaka dan lain sebagainya dalam bentuk memperluas fungsionalitas bahasa pemrograman.

Ekstension juga memudahkan program untuk membuka banyak format. Yuk, pilih beberapa yang tepat untuk Anda.

1.    Rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding: Live server

Pilihan pertama yang banyak orang gunakan untuk kemudahan sendiri adalah Live server.  Banyak orang menyukai ekstensi ini karena berbagai macam hal.

Salah satunya adalah Anda juga dapat melakukan livereload untuk aplikasi dalam pengembangan. Selain itu, jika Anda melakukan perubahan pada IDE yang ada. Maka, tidak perlu repot karena perubahan terjadi secara otomatis.

2.    Quokka.js

Sebagai programmer, Anda pastinya mencari yang paling cepat dan dapat membuat pekerjaan selesai dengan cepat. Gunakan langkah mudah dengan Quokka.js sebagai jawaban.

Ekstensi yang satu ini akan bergerak secara otomatis untuk melakukan komputasi pada hasil yang Anda masukkan. Kemudian, hasilnya akan langsung dicetak ke dalam IDE.  Jadi, tidak harus repot merubah lagi.

3.    Code spell checker

Tentunya, ada pilihan lainnya yang dapat Anda manfaatkan dalam ekstensi yang sesuai. Anda dapat menggunakan code spell checker jika ingin proses menjadi lebih cepat. Error dalam program adalah hal yang paling membuang waktu.

Apalagi jika sudah terlanjur mengerjakan banyak baris hingga tampak menyulitkan. Anda dapat menggunakan ekstensi yang satu ini jika ingin mudah.

Dengan menggunakan rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding yang satu ini, Anda akan memperoleh informasi berkaitan dengan spelling error. Selain itu, ada kode camelCase yang sudah didukung oleh ekstensi.

Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah dalam mendapatkan penulisan yang sesuai untuk dimanfaatkan dalam membuat program yang sesuai.

4.    GitLens

Anda juga dapat menjadikan GitLens sebagai pilihan ekstensi.  Jenis yang satu ini dapat dimanfaatkan dengan mudah dalam proses visualisasi penulisan kode. 

Selain itu, GitLens juga dapat dengan lancar menavigasi atau juga menjelajahi repository Git.  Bahkan, dapat juga memperoleh valuable insights dari adanya powerful comparison commands sendiri.

5.    Prettier (Code Formatter)

Orang juga memanfaatkan hal lainnya untuk kemudahan sendiri. Anda dapat menjadikan prettier yang merupakan code formatter dalam proses pemrograman.

Ekstensi ini juga dapat memberikan kemudahan karena dapat merapikan berbagai macam source code yang sudah Anda tulis. Pastinya, semua proses merapikan disesuaikan dengan struktur atau aturan dari setting default.

Selain itu, hal lain yang membuat rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding ini menjadi semakin menarik juga ada. Jadi, Anda dapat membuat kode menyesuaikan dengan style guide sendiri. Hal ini membuat kode tampak lebih menarik sesuai dengan keinginan Anda juga.

6.    ESLint

Pilihan lainnya yang dapat Anda manfaatkan dengan adalah ESLint, alat ini menjadi hal yang menarik untuk banyak orang dalam analisa kode statis.

Anda jadi dapat mengidentifikasi pola bermasalah yang sudah Anda temukan dalam kode di JavaScript. Ekstensi ini juga sudah mencakup masalah kualitas hingga gaya penulisan pada kode yang dimasukkan.

7.    Live Saas Compiler

Untuk proses kompilasi dan juga mentranspalasi berbagai macam file SASS atau juga SCSS ke dalam bentuk file CSS.

Maka, Anda dapat menggunakan Live Saas compiler yang memang bergerak secara real time dan dapat langsung reload pada browser yang digunakan secara langsung juga.

8.    JavaScript  (E56) Code Snippets

Anda juga dapat menggunakan ekstensi yang satu ini untuk kemudahan sendiri. Dalam ekstensi yang satu ini ada berbagai macam snippets kode untuk JavaScript dalam sintaks ES6. Kode ini nantinya akan digunakan dalam editor VScode yang memang mendukung JavaScript dan juga TypeScript.

9.    Browser preview

Rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding lainnya yang banyak orang manfaatkan adalah browser preview.  Tidak ada bedanya dengan berbagai macam ekstension yang lain.

Tentunya, ekstension yang satu ini juga dapat memberikan kemudahan kepada para pengguna. Anda dapat membuka pratinjau browser yang sesuai dalam editor.

10.  Path intellisense

untuk Anda yang tidak ingin repot dan ingin proses yang jauh lebih cepat. Maka, Anda dapat menjadikan path intellisense sebagai pilihan. Ada banyak orang yang merasa tertarik dengan pilihan seperti ini.

Jadi, ekstensi akan langsung bekerja untuk menyelesaikan path sehingga nama file juga akan selesai otomatis. Anda tidak harus mengetik hingga akhir dengan ekstensi ini.

11.  Bracket pair colorizer

Dalam membuat perbedaan warna sehingga tidak akan merasa bingung karena sudah dikategorikan. Maka, banyak orang menggunakan langkah mudah dengan bracket pair colorizer sebagai pilihan yang sesuai.

Ekstensi yang satu ini memberikan kemungkinan untuk para pengguna mengidentifikasi warna yang sesuai.  Anda dapat menentukan karakter dan warna yang cocok untuk Anda gunakan.

12.  Vim

Anda juga dapat menggunakan ekstension lainnya yaitu Vscode vim yang merupakan emulator. Dengan menggunakan vim, Anda dapat menambahkan kekuatan vim pada teks editor yang ada sehingga tidak perlu kesulitan.

Pastinya, sudah ada banyak orang yang menggunakan vim karena hasil pekerjaan yang rapi dan membuat teks menarik.

13.  Todo Highlight

Tentunya, ada pilihan lainnya yang juga digunakan dalam rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding. Anda dapat menggunakan TODO highlight sebagai pilihan karena dapat memberikan tanda untuk berbagai macam karakter.

Jadi, Anda dapat memberikan highlight berbagai warna dalam kode dengan menggunakan ekstension yang satu ini.

14.  Color Highlight

Tidak hanya sekedar memberikan highlight saja pada kode atau anotasi yang ada. Anda juga dapat memperoleh kemudahan lainnya dengan menggunakan color highlight. 

Pilihan yang satu ini banyak digunakan dalam memberikan warna website. Anda juga dapat memberikan gaya css dengan menggunakan ekstensi yang satu ini. Jadi, tidak harus buka halaman untuk melihat warna yang ada.

Berbagai macam rekomendasi ekstension untuk memudahkan coding yang ada ini dapat Anda manfaatkan sesuai dengan kenyamanan. Penting halnya untuk memilih jenis ekstensi yang tepat dan mempercepat proses pembuatan kode. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh kemudahan sendiri tanpa harus membuang banyak waktu.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments