Cara Instal VS Code di Linux yang Perlu Anda Ketahui

Cara Instal VS Code di Linux yang Perlu Anda Ketahui

Admin
Admin・ 15 Februari 2022
6 min read ・ 609 views

Visual Studio Code atau yang juga populer dengan sebutan VS Code termasuk salah satu text editor yang sangat populer. VS Code banyak digunakan oleh para developer baik yang menggunakan sistem OS Windows maupun perangkat berbasis Linux. Meski terlihat rumit, namun cara instal VS Code di Linux sebenarnya terbilang relatif cukup mudah.

Hanya saja bagi Anda yang belum terbiasa dengan Linux, mungkin akan sedikit kaget dengan proses instalasinya. Sebab, proses pemasangan VS Code pada Linux tentu saja berbeda dengan pemasangan di Windows. Pasalnya, Anda membutuhkan beberapa command untuk proses pemasangannya di Linux.

Apa Itu Visual Studio Code

Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan seluk-beluk Visual Studio, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu VS Code. Tujuannya tentu adalah agar bisa mempunyai pemahaman yang lebih maksimal dan optimal terhadap jenis editor yang satu ini.

Singkatnya, VS Code merupakan sebuah teks editor multi-platform yang lengkap dengan performa handal besutan dari Microsoft. Selain tersedia dalam platform Windows, Visual Studio ini juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti Linux dan bahkan juga Mac.

Sebagai salah satu teks editor terbaik, VS Code memiliki dukungan banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Mulai dari JavaScript, Typescript, Node.js, Phyton, Java, dan lain sebagainya. Platform bersifat open source ini menjadi salah satu favorit para pengembang karena mereka bisa berkontribusi pada pengembangan platform tersebut.

VS Code bisa digunakan secara langsung tanpa perlu membutuhkan ekstensi tambahan selama  bahasa pemrogramannya sudah didukung langsung. Hal ini akan membuat proses penggunaanya menjadi semakin mudah.

Keunggulan Visual Studio Code

Sebagai salah satu platform teks editor pemrograman yang sangat populer, VS Code menawarkan sejumlah keunggulan. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Visual Studio Code bila dibandingkan dengan teks editor lainnya.

1. Memiliki Fitur IntelliSense

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Visual Studio Code adalah IntelliSense. Fitur ini memungkinkan terjadinya Smart Auto Completion sehingga memungkinkan para pengembang untuk bisa menulis kode secara lebih cepat.

Nantinya Visual Studio Code akan memberikan sugesti autocomplete yang sesuai dengan variabel yang sudah dibuat, fungsi dan ataupun modul-modul yang sudah diimport. Dengan demikian, proses pengembangan suatu aplikasi pun akan bisa berjalan secara lebih cepat dan juga optimal.

Adanya fitur IntelliSense ini juga akan bisa meminimalisir potensi terjadinya kesalahan saat menuliskan bahasa program. Sebab dengan adanya fitur auto completion maka Anda bisa memantau penggunaan bahasa program tersebut secara konsisten sesuai dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.

2. Sudah Mendukung Built-in Git

Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh VS Code ini adalah sudah terintegrasi dengan Git. Menggunakan VS Code ini maka Anda bisa bekerja dengan menggunakan Git maupun SCM provider lain dengan cara yang terbilang sangat mudah.

Anda bisa melakukan banyak hal berkat adanya fitur penting ini. Mulai dari melakukan review diff code, membuat commit, staging file, dan lain sebagainya, bisa dilakukan secara mudah di atas text editor.

Bahkan berkat adanya integrasi ini, Anda sudah bisa melakukan  pull dan juga push ke Git maupun ke SCM provider lain secara lebih mudah. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan ketika Anda ingin bekerja sama dengan developer lain dalam satu tim kerja.

3. Tersedia Debugging

Fitur lain yang juga menjadi keunggulan bagi teks editor Visual Studio Code adalah sudah tersedianya fitur debugging. Jika pada teks editor lainnya tidak tersedia fitur debugging, maka tidak demikian dengan Visual Studio Code.

Pada teks editor yang satu ini sudah mendukung proses debugging secara langsung. Sehingga Anda bisa melakukan inspeksi pada kode-kode yang sudah dibuat secara lebih cepat tanpa perlu harus memasang compiler lain untuk melakukan hal tersebut.

4. Tersedia Banyak Extensions yang Mendukung

Visual Studio Code termasuk jenis platform yang bersifat open source sehingga memiliki dukungan komunitas yang terbilang sangat besar. Hal ini membuat VS Code memiliki cukup banyak ekstensi dan juga plugin yang akan membuat proses pengembangan aplikasi menjadi semakin mudah.

Bahkan, Anda bisa mencari library, plugin, maupun ekstensi VS Code secara khusus di marketplace tersendiri yang sudah disediakan secara resmi. Sehingga Anda tidak perlu bingung kalau ingin mencari jenis ekstensi yang tepat untuk kebutuhan pengembangan suatu aplikasi.

Cara Instal VS Code di Linux  Ubuntu Secara Mudah

Setelah mengetahui apa itu Visual Studio Code dan juga keunggulannya, kini Anda juga perlu mengetahui cara pemasangan teks editor ini. Cara memasang editor VS Code di Windows relatif mudah karena caranya tidak terlalu jauh berbeda seperti pemasangan aplikasi pada umumnya.

Sementara itu, untuk proses instalasi VS Code di Linux agak sedikit berbeda karena Anda membutuhkan command untuk melakukannya. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa digunakan untuk memasang VS Code pada Linux Ubuntu.

1. Cara Instal VS Code di Linux  : Download Paket Instalasi

Cara pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin memasang VS Code di Linux Ubuntu adalah dengan terlebih dahulu mengunduh file paket instalasinya. Anda bisa mendapatkan file paket instalasi tersebut melalui website resmi Visual Studio.

Bagi Anda yang menggunakan distro Linux jenis Ubuntu bisa mengunduh paket instalasi dengan ekstensi berupa .deb. Sedangkan untuk pengguna Linux dengan distro keluarga Red Hat, Fedora, dan juga Suse bisa mengunduh file dengan ekstensi .rpm. Kalau ingin menggunakan paket instalasi Linux yang universal bisa memilih paket ekstensi .tar.gz untuk diunduh.

Silakan Anda bisa mengunduh sesuai dengan jenis ekstensi yang Anda inginkan dan sesuai kebutuhan.

2. Lakukan Instalasi Paket File yang Sudah Diunduh

Setelah memastikan bahwa paket instalasi tersebut berhasil diunduh, maka Anda sudah bisa melakukan proses pemasangan VS Code di Linux. Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu Anda dimana lokasi file hasil unduhan tersebut.

Pada umumnya, paket installer unduhan akan berada di folder direktori ~/Downloads/installers maka nantinya Anda perlu melakukan cd pada direktori tersebut. Lokasi penyimpanan hasil unduhan mungkin  saja berbeda, silakan Anda bisa mengecek pada perangkat masing-masing.

Kalau sudah, silakan Anda bisa membuka terminal Linux pada perangkat Anda. Kemudian silakan ketikkan perintah atau command berikut ini.

cd ~/Downloads/installers

Kemudian silahkan ketikkan perintah ls untuk memastikan bahwa file tersebut berada di folder tersebut. Jika berhasil, nantinya akan muncul nama file dengan ekstensinya sesuai yang Anda unduh.

Langkah berikutnya adalah melakukan instalasi dengan menggunakan perintah sudo pada terminal. Anda bisa mengetikkan perintah instalasi pada Terminal berikut ini.

sudo dpkg -i <nama-file>

Pada kolom nama-file, silakan Anda ganti dengan nama file instalasi yang sudah Anda unduh tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara instal VS Code di Linux yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin melakukan pemasangan editor VS Code di perangkat berbasis Linux.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments