Harus Tahu! Inilah Pengertian dan Fungsi Apache Cordova

Harus Tahu! Inilah Pengertian dan Fungsi Apache Cordova

Admin
Admin・ 25 Januari 2022
6 min read ・ 534 views

Sekarang ini sudah cukup banyak perusahaan yang meluncurkan perangkat lunak pengembang aplikasi berbasis mobile. Salah satu yang sangat populer saat ini adalah Apache Cordove. Secara umum fungsi Apache Cordova ini memang bertujuan untuk memudahkan developer dalam membangun berbagai macam aplikasi.

Apache Cordova sangat dikenal luas dalam dunia pemrograman terutama oleh kalangan pemula. Hal ini disebabkan karena perangkat lunak yang satu ini relatif cukup mudah untuk digunakan meski bagi orang yang masih awam dalam dunia pembuatan aplikasi.

Apa Itu Apache Cordova?

Mungkin masih banyak diantara Anda yang kurang begitu familier dengan yang namanya Apache Cordova. Terlebih bila Anda tidak termasuk orang yang berkecimpung dalam dunia pemrograman dan pengembangan aplikasi.

Ringkasnya, Apache Cordova adalah sebuah framework sumber terbuka yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler lintas platform dengan menggunakan HTML 5 dan JavaScript secara murni.

Sebagai modul pengembangan aplikasi lintas platform, basis kode aplikasi dapat ditulis satu kali menggunakan bahasa HTML 5 dan JavaScript. Kemudian basis kode tersebut bisa dijalankan pada  beberapa jenis platform berbeda seperti Android, iOS, dan juga Windows Seluler, dan bahkan juga BlackBerry.

Dengan fungsi Apache Cordova yang bersifat multi-platform ini, Anda tidak perlu mengubah struktur kode pada masing-masing platfrom. Sehingga dengan hanya sekali proses pengembangan kode maka bisa langsung dijalankan pada berbagai macam jenis platform yang berbeda. Hal ini tentunya akan membuat proses pengembangan aplikasi menjadi semakin mudah dan praktis untuk dilakukan.

Cara Kerja Apache Cordova

Seperti perangkat lunak pada umumnya, Apache Cordova pun memiliki cara kerja yang terbilang agak kompleks. Meski demikian, proses penggunaan aplikasi ini pun relatif cukup mudah. Sehingga wajar jika banyak pengembang aplikasi pemula yang memilih Apache sebagai platform kesayangan mereka.

Ketika pertama kali diluncurkan, Apache Cordova ini memuat halaman awal aplikasi default di WebView applikasi kemudian meneruskan kontrolnya ke WebView. Pada WebView ini pun memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi. Caranya dengan memasukkan data di bagian input, klik tombol tindakan, dan melihat hasil di WebView aplikasi.

Jika ingin mengakses fungsionalitas asli seluler, misalnya audio atau kamera, maka Cordova meyediakan paket API JavaScript yang bisa digunakan oleh para developer. Panggilan ke Cordova Script ini akan diterjemahkan ke dalam panggilan API perangkat asli dengan menggunakan jembatan komunikasi khusus.

Dengan penggambaran cara kerja tersebut, maka Apache Cordova bisa menjalankan fungsinya sebagai media untuk pengembangan aplikasi. Sebagai salah satu aplikasi pengembangan aplikasi, Apache Cordova terbilang sangat powerfull dan bisa digunakan pada berbagai kesempatan.

Keunggulan Platform Apache Cordova

Perangkat lunak Apache Cordova menawarkan beberapa keunggulan bagi para penggunanya dalam pengembangan aplikasi. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan dari Apache Cordova yang perlu Anda ketahui.

1. Apache Cordova Termasuk Aplikasi yang Multiplatform

Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan platform Apache Cordova adalah sifatnya yang multi-platform. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat sebuah aplikasi yang kompatible dengan berbagai macam jenis platform.

Jadi dengan satu kali pengembangan basis kode, maka aplikasi tersebut sudah bisa langsung digunakan pada berbagai platform. Sehingga Anda tidak perlu melakukan modifikasi atau pengubahan basis kode aplikasi tersebut jika ingin memasangnya pada sistem OS yang lain.

Apache Cordova yang sudah mendukung multi-platform ini akan membuat proses pengembangan aplikasi menjadi semakin mudah dan cepat. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak platform atau debugger untuk membuat aplikasi di smartphone.

2. Memiliki Dukungan Beberapa Jenis Bahasa Program 

Perangkat lunak Apache Cordova ini sudah mendukung beberapa jenis bahasa pemrograman yang berbeda. Sehingga akan semakin memudahkan para penggunanya dalam memakai perangkat lunak yang satu ini.

Apache Cordova menggunakan beberapa pilihan bahasa pemrograman seperti HTML5, CSS3, dan juga JavaScript. Dalam satu platform, akan langsung tersedia beberapa jenis pilihan bahasa pemrograman yang bisa langsung digunakan tanpa perlu harus belajar bahasa program pada device yang berbeda.

Dengan demikian proses pengembangan aplikasi berbasis mobile pun bisa dilakukan secara lebih optimal dan maksimal. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri yang akan membuat penggunaan perangkat lunak Apache Cordova semakin banyak digemari.

3. Proses Pengaturan Interface yang Mudah

Keunggulan lain yang dimiliki oleh perangkat lunak Apache Cordova adalah memudahkan dalam proses pengaturan tampilan interface pada aplikasi. Penggunaan bahasa program CSS3 dan juga HTML akan membuat proses pengembangan aplikasi dan desain tampilan pun menjadi semakin mudah dilakukan.

Berbekal dengan penggunaan kedua bahasa program tersebut, Anda bisa membuat tampilan desain aplikasi yang menarik dan sesuai kreativitas. Pasalnya, CSS dan HTML merupakan bahasa coding yang paling umum dan banyak digunakan pada pembuatan tampilan website atau aplikasi.

Menggunakan bahasa program tersebut, Anda pun akan menjadi semakin mudah dalam melakukan pengaturan ikon dan gambar di dalam aplikasi. Proses pengaturan interface aplikasi yang tepat tentunya akan bisa membuat pengalaman pengguna pun menjadi semakin optimal.

4. Tidak Jauh Berbeda Dengan Platform Lain

Perlu Anda ketahui bahwa platform Apache Cordova merupakan platform yang dikembangkan menggunakan bahasa web yang standar. Sehingga membuat perangkat lunak tersebut tidak jauh berbeda dengan jenis aplikasi native pada umumnya.

Secara umum, fungsi dan penggunaan platform tersebut mirip dengan aplikasi lainnya. Jadi asalkan Anda memiliki pemahaman terkait beberapa bahasa pemrograman dasar, maka proses penggunaan platform ini pun tidak akan terlalu sukar.

Fungsi Apache Cordova

Setelah mengetahui beberapa hal detail terkait platform Apache Cordova, tentu Anda juga perlu mengetahui kegunaan dari platform tersebut. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa fungsi Apache Cordova yang perlu Anda ketahui.

1. Fugsi Apache Cordova : Pembuatan Aplikasi Mobile

Fungsi utama yang dimiliki oleh aplikasi Apache Cordova adalah untuk menunjang proses pembuatan aplikasi berbasis mobile. Jadi Anda bisa mengembangkan suatu aplikasi pada platform mobil dengan memanfaatkan platform Apache Cordova tersebut.

Aplikasi mobile yang dibuat tersebut akan bisa diluncurkan pada beberapa jenis OS perangkat ponsel pintar. Mulai dari Android, iPhone, dan bahkan bisa juga untuk Windows Seluler. Nantinya, Anda bisa melakukan deploy aplikasi sebelum diluncurkan pada perangkat smartphone.

2. Mengakses Device Pada Perangkat Mobile

Apache Cordova merupakan perangkat lunak komputer yang berisi API (Application Programming Interface) yang bisa untuk mengakses devide dari perangkat mobile. Beberapa jenis device yang bisa diakses dari smartphone tersebut antara lain adalah kamera, GPS, storage, dan lain sebagainya.

Jadi dengan platform tersebut, proses pengembangan aplikasi akan bisa lebih maksimal. Sebab nantinya aplikasi tersebut akan bisa langsung terhubung dengan berbagai jenis device pada smartphone. Hal ini tentunya akan membuat proses pembuatan aplikasi dan ataupun tampilan web menjadi semakin maksimal.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai fungsi Apache Cordova yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi terkait dengan seluk-beluk dan manfaat dari Apache Cordova.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments