Panduan Cara Membuat Game 2D dengan Flutter

Panduan Cara Membuat Game 2D dengan Flutter

Admin
Admin・ 23 Januari 2022
6 min read ・ 361 views

Anda ingin membuat game 2D yang dapat dioperasikan di Android maupun iOS? Flutter merupakan salah satu framework yang banyak digunakan oleh programmer untuk membuat game 2D yang bisa dioperasikan di ponsel Android maupun iOS. Cara membuat game 2D dengan Flutter pun tergolong cukup mudah untuk dilakukan.

Dalam membuat game 2D menggunakan Flutter, tentu terdapat tahap-tahap tertentu yang harus Anda lakukan secara berurutan. Namun, sebelum Anda mempelajari bagaimana cara membuat game dengan Flutter, akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui informasi dasar mengenai framework pembuat game satu ini. Oleh karena itu, yuk langsung saja simak informasi mengenai Flutter berikut ini dengan seksama!

Apa Itu Flutter?

Bagi Anda yang kerap membuat aplikasi atau game untuk ponsel Android maupun iOS pasti sudah tidak asing dengan Flutter. Flutter adalah sebuah framework open-source yang menjadi favorit para programmer untuk membuat User Interface (UI) pada Android dan iOS.

Framework open-source ini dikembangkan oleh Google sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan serta menggunakannya. Flutter ini didesain dan dikembangkan untuk membuat aplikasi yang sederhana. Oleh karena itu, framework open-source yang menggunakan bahasa pemrograman Dart ini cocok digunakan untuk membuat game 2D dan 3D yang memiliki logika permainan serta UI yang sederhana.

Cara Membuat Game 2D dengan Flutter

Setelah mengetahui tentang Flutter secara singkat, kini saatnya Anda mengetahui cara membuat game 2D dengan menggunakan Flutter. Meskipun Flutter merupakan framework open-source yang hanya mampu membuat game sederhana, tetapi diperlukan cara-cara tertentu agar dapat sukses membuat game tersebut. Anda harus mengikuti tahapan demi tahapan secara runtut sehingga game yang dibuat bisa berhasil dioperasikan di Android maupun iOS.

Dalam membuat game 2D, terdapat tiga bagian besar yang harus dilakukan secara berurutan. Bagian pertama yang harus Anda kerjakan yaitu menentukan dan membuat proyek Flutter. Setelah itu, bagian kedua, yaitu membuat logika permainan. Sedangkan bagian kedua atau bagian selanjutnya yang bisa Anda kerjakan yaitu membuat UI dari game. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat game 2D dengan Flutter, berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

Menyiapkan Peralatan

Seperti yang diketahui, untuk membuat game 2D dengan Flutter, Anda tentu harus menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang perlu Anda siapkan yaitu, meliputi software Flutter serta Text Editor.

Apabila Anda belum memiliki software Flutter, maka Anda dapat menginstallnya melalui link https://docs.flutter.dev/get-started/install. Sedangkan Text Editor yang bisa Anda gunakan untuk membuat game dengan Flutter sangatlah beragam. Anda dapat memilih Text Editor apapun yang Anda sukai dan nyaman untuk digunakan.

Menentukan dan Membuat Proyek Flutter

Setelah Anda menyiapkan segala peralatan untuk membuat game 2D dengan Flutter, cara membuat game 2D dengan Flutter selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan dan membuat proyeknya. Untuk membuat proyek bar pada Flutter, yang pertama-tama dilakukan adalah membuka software Flutter.

Setelah itu, Anda harus menghapus kode-kode default yang ada pada file main.dart. Kemudian, Anda harus mengimpor paket material.dart yang bertujuan untuk mengikutsertakan widget Material ke dalam aplikasi yang hendak dibuat.

Apabila Anda berhasil menghapus kode default di main.dart dan mengimpor paket material.dart, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuat kelas yang bisa Anda beri nama MyApp(), kemudian buatlah Stateful Widget Home Page() dan kembalikan MaterialApp(). Setelah itu, lanjutkan ke parameter home page.

Untuk membuat Anda lebih mengerti untuk membuat proyek Flutter, berikut ini adalah gambar penjelasnya.

Membuat Logika Game

Cara membuat game 2D dengan Flutter selanjutnya yaitu membuat logika game. Apabila Anda telah berhasil membuat proyek Flutter baru, maka kini saatnya bagi Anda untuk masuk ke bagian kedua, yakni merumuskan logika game.

Untuk membuat logika game, yang harus Anda lakukan adalah menulis fungsi serta metode pada HomePage(). Fungsi dan metode tersebut digunakan sebagai penanganan pengoperasian yang memiliki hubungan dengan matematika pada game 2D yang akan dibuat. Dengan kata lain, pada bagian ini Anda harus membuat penanganan segala hal yang ada pada game, antara lain navigasi, akselerasi, deselerasi, hingga tabrakan sekalipun.

Seperti yang Anda ketahui, setiap gerakan dan setiap kondisi pada game harus Anda tuliskan fungsi dan metodenya secara tepat. Dengan begitu, game 2D yang Anda buat dapat dijalankan dengan baik. Pastikan dengan teliti setiap fungsi dan metode yang Anda ketikkan ketika membuat logika game 2D.

Membuat User Interface

Setelah berhasil membuat logika game, cara membuat game 2D dengan Flutter selanjutnya adalah membuat User Interface (UI). UI yang baik adalah UI yang sederhana dan mudah dipahami. Oleh karena itu, ketika Anda membuat game 2D dengan Flutter, maka pastikan Anda membuat UInya sesederhana mungkin.

Untuk membuat UI game 2D dengan Flutter, Anda dapat memulainya melalui widget build yang ada pada file HomePage.dart. Tuliskan semua fungsi yang Anda maksudkan untuk membuat UI game 2D tersebut dalam file Homepage.dart. Pastikan kembali semua fungsinya tertulis dengan benar. Setelah itu, Anda dapat melakukan trial pada game yang telah Anda buat menggunakan Flutter tersebut secara langsung.

Kelebihan Flutter

Setelah mengetahui informasi umum dan cara membuat game 2D dengan Flutter, kini saatnya untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh software pembuat game ini. Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh Flutter apabila dibandingkan dengan software pembuat game lainnya.

Pengkodean yang Cepat

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Flutter yaitu pengkodean yang lebih cepat. Flutter sendiri memiliki fitur Hot Reload atau fitur yang memungkinkan programmernya melihat setiap perubahan kode melalui aplikasi secara langsung. Dengan adanya fitur ini, penyelesaian pekerjaan para programmer menjadi lebih efektif.

Dapat Digunakan di 2 Platform

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Flutter merupakan framework open-source yang dapat digunakan pada Android dan iOS. Hanya dengan satu kode saja, maka hasilnya dapat digunakan untuk 2 platform sekaligus. Ternyata hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Flutter. Pengguna Flutter menjadi terasa sangat terbantu karena adanya hal ini yang telah memudahkan pekerjaan mereka.

Mudah Digunakan

Dari segi penggunaan, Flutter merupakan salah satu framework open-source untuk membuat game yang mudah untuk digunakan. Hal tersebut karena Flutter menggunakan bahasa pemrograman Dart. Kelebihan dari bahasa pemrograman Dart, yaitu mudah dipelajari serta digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah membuat game.

Itulah informasi mengenai Flutter, mulai dari informasi umum, kelebihan, serta cara membuat game 2D dengan Flutter. Informasi di atas dapat membantu Anda apabila Anda ingin mendalami Flutter dan menggunakannya untuk membuat game. Semoga membantu!

Tinggalkan Komentar
Loading Comments