Mempercantik Tampilan Route Laravel dengan Pretty Routes Package

Mempercantik Tampilan Route Laravel dengan Pretty Routes Package

...
Hilmi・ Created at 1 Mei 2021
7 min read ・ Updated at 1 Mei 2021

Pretty Routes Laravel - Di kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel yang akan membahas tentang cara mempercantik tampilan route laravel di console menggunakan package pretty routes. Package pretty routes baru saja di publikasikan oleh Wulfheart beberapa hari yang lalu.

Sebelum ke langkah-langkah cara penggunaannya, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan package pretty routes. Kenapa sih kita perlu menggunakan package pretty routes ? Sebenarnya untuk penggunaan package ini tidak wajib, package pretty routes bisa digunakan untuk orang-orang yang bosan dengan tampilan routes di console atau saat kita menjalankan command php artisan route:list.

Apakah kamu juga termasuk orang-orang yang bosan dengan tampilan route:list di console atau terminal kamu ? jika iya, berarti kamu tepat membaca artikel ini. Mungkin kamu bisa menggunakan package ini untuk menyegarkan mata saat menjalankan atau melihat route list. Cara penggunaan package ini juga sangat gampang sekali, hanya beberapa command saja kamu sudah bisa melihat hasil atau tampilan route list yang lebih cantik.

Baiklah mari kita mencoba package pretty routes di project laravel kita.

composer require wulfheart/pretty_routes

Langkah pertama sangat simpel sekali, kamu bisa melihat dokumentasi lengkapnya di akun github Wulfheart atau bisa langsung menjalankan command seperti di atas pada terminal kalian. Tunggu sampai proses selesai dan pastikan jaringan internet aktif dan stabil.

php artisan route:pretty

Jika proses install pretty routes package sudah selesai, kamu bisa langsung menggunakan atau melihat hasilnya cukup dengan menjalankan command seperti di atas pada terminal. 

pretty routes package

Lihat bagaimana hasilnya ? sangat cantik kan ? dengan tampilan route list seperti gambar di atas lebih enak dipandang mata dan lebih mudah dibaca route-route apa saja yang sudah kita buat atau yang sudah ada di project laravel kita. Berbeda dengan tampilan route list bawaan dari laravel, yang tampilan terlihat kurang rapi dan tidak mudah untuk dibaca. Ada lagi opsi penggunaan pretty routes di laravel seperti opsi-opsi di bawah ini.

php artisan route:pretty --except-path=books

Dengan command seperti di atas, akan menyuguhkan kita tampilan pretty routes dengan pengecualian bahwa path books tidak akan ditampilankan. Bagaimana hasil dari command di atas ? simak gambar dan penjelasan di bawah ini.

Pretty routes for laravel

Hasil dari command php artisan route:pretty --except-path=books akan menghasilkan tampilan seperti gambar di atas. Jika kita perhatikan pada gambar pertama dengan gambar kedua (gambar di atas) ada perbedaan yaitu pada gambar kedua tidak menampilkan route dengan path books, ya memang di command sudah kita tambahkan --except-path=books yang artinya menampilkan route kecuali route dengan path books.

php artisan route:pretty --only-path=users

Jika sebelumnya ada --except-path=books yang artinya menampilkan semua route kecuali route dengan path books, ada juga command atau perintah yang berfungsi untuk menampilkan route dengan path tertentu. Perintah atau command tersebut bisa dilihat di atas, dengan php artisan route:pretty --only-path=users akan menampilkan route yang hanya memiliki path users. Bagaimana hasilnya ? bisa disimak gambar serta penjelasan di bawah ini.

Mempercantik route laravel dengan pretty routes package

Gambar di atas merupakan hasil dari perintah php artisan route:pretty --only-path=users yang berfungsi untuk menampilkan route list dengan path users dan tentunya dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah dibaca dengan menggunakan pretty routes package.

php artisan route:pretty --method=GET

Kemudian ada opsi perintah pretty routes seperti di atas. Dengan command atau perintah pretty routes di atas digunakan saat kita hanya ingin menampilkan route list dengan method saja, jadi selain method GET tidak akan ditampilkan di console atau terminal. Bagaimana hasilnya ? bisa disimak lagi pada gambar dan penjelasan di bawah ini.

Mempercantik tampilan route di laravel

Nah, gambar di atas ini merupakan hasil dari command atau perintah php artisan route:pretty --method=GET. Bisa dilihat pada gambar di atas, di terminal hanya akan menampilkan route dengan method GET saja.

php artisan route:pretty --method=POST

Setelah command untuk menampilkan route dengan method GET saja, ada juga command yang digunakan untuk melihat route list dengan method POST saja yaitu dengan command di atas. Disini kita hanya mengganti method saja, dimana pada command sebelumnya kita memberikan nilai method GET dan pada command di atas kita hanya menggantinya dengan POST.

Pretty routes package

Gambar di atas ini merupakan hasil dari command atau perintah php artisan route:pretty --method=POST. Bisa dilihatkan perbedaannya dengan gambar hasil sebelumnya ? Pada gambar di atas hanya menampilkan route dengan method POST dan tentunya dengan tampilan yang sangat menarik dan mudah di baca.

php artisan route:pretty --reverse

Kemudian untuk membalik urutan route, kita bisa menggunakan command atau perintah seperti di atas. Dengan menambahkan --reverse akan memberikan kita tampilan route dengan tampilan urutan terbalik dan lagi-lagi tentunya dengan tampilan yang cantik, menarik dan mudah dibaca.

Mempercantik tampilan route list laravel dengan pretty routes package

Gambar di atas ini merupakan hasil dari command atau perintah php artisan route:pretty --reverse. Jika kita perhatikan dan kita bandingkan gambar di atas dengan gambar pertama, hasilnya atau tampilan urutannya tidak akan sama karena memang dengan --reverse akan menampilkan route list dengan urutan terbalik.

php artisan route:pretty --sort=method 

Command atau perintah route:pretty di atas berfungsi untuk menampilkan route list dengan sortir method. Artinya tampilan route list tidak akan seperti misalnya dengan urutan method GET, POST, GET, GET, DELETE, POST tetapi diurutkan berdasarkan method dan agar lebih jelas bisa disimak pada gambar dan penjelasan di bawah ini.

Pretty routes laravel package

Gambar di atas ini merupakan tampilan route pretty dengan sortir berdarkan method. Bisa dilihat, urutan route lebih rapi dengan tampilan atau pengelompokkan berdasarkan method.

php artisan route:pretty --except-path=books --method=POST

Dan contoh terakhir, kita juga bisa melakukan perintah kombinasi seperti di atas. Perintah di atas berfungsi untuk menampilkan semua route dengan method POST dengan pengecualian pada path books tidak akan ditampilan. Bagaimana hasilnya ?

kombinasi pretty routes

Hasil dari perintah kombinasi bisa dilihat pada gambar di atas. Jika kita simak dan perhatikan pada gambar di atas hanya menampilan semua route dengan method POST dan tidak ada route dengan path books. Artinya hasilnya sudah sesuai seperti yang kita inginkan dari perintah kombinasi php artisan route:pretty --except-path=books --method=POST.

Sekian artikel kali ini tentang penggunaan pretty routes package untuk mempercantik tampilan route laravel di console atau terminal. Di artikel ini kita sudah sama-sama belajar bagaimana cara install pretty routes dan juga belajar bagaimana penggunaannya dengan berbagai opsi atau variasi. Untuk penggunaan atau informasi mengenai pretty route yang lebih lengkap bisa di simak atau pelajari di akun github resmi Wulfheart.

Jika ada kritik, saran, masukan atau apapun itu yang ingin didiskusikan, jangan sungkan-sungkan untuk menulis komentar pada form komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya dengan bahasan lain yang tidak kalan menarik. See you.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia