Tertarik Belajar Bahasa Pemrograman? Pelajari Dasar Dasar Python Berikut Ini!

Tertarik Belajar Bahasa Pemrograman? Pelajari Dasar Dasar Python Berikut Ini!

Admin
Admin・ 19 Januari 2022
8 min read ・ 529 views

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman cukup populer. Jenis bahasa pemrograman ini dirancang oleh Guido van Rossum yang mulai dikenalkan sejak tahun 1991. Jika ingin belajar Python lebih lanjut, pastikan Anda telah memahami dasar dasar Python terlebih dahulu ya!Anda tidak perlu cemas, karena Python termasuk jenis bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. 

Apalagi jika Anda telah memahami dasar dasar Python ! Makin mudah bagi Anda untuk melangkah ke level advance. Python hampir digunakan untuk segala bidang seperti sistem berbasis web, game, bahkan bisa juga digunakan untuk membuat mesin pencari sendiri, lho. Pada umumnya Python memang digunakan untuk pengembangan software, matematika, pengembangan website, dan system scripting.

Dasar Dasar Python Yang Harus Anda Pahami

Berikut adalah penjelasan mengenai dasar dasar Python yang harus Anda baca. Dengan mengetahui dasar dasar Python akan membuat Anda lebih familiar dengan fitur fitur advance berikutnya.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Menggunakan Python?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan Python:

  1. Python bisa digunakan untuk membangun server saat Anda sedang membuat website.
  2. Saat Anda memerlukan proses pembuatan prototipe atau developing perangkat lunak siap produksi, Python merupakan bahasa pemrograman yang bisa Anda andalkan.
  3. Python bisa dipakai untuk membuat workflow untuk proses pengembangan perangkat lunak.
  4. Python bisa digunakan untuk membaca dan memodifikasi sebuah file dalam proses pembangunan suatu sistem database.
  5. Python bisa dimanfaatkan untuk menangani big data termasuk menjalankan pemrosesan matematika yang cukup kompleks.

Apa Saja Manfaat Belajar Python?

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan jika belajar Python :

  1. Python memiliki sintaksis yang lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lain dan sangat mirip dengan Bahasa Inggris.
  2. Python bisa digunakan untuk berbagai macam sistem operasi.
  3. Python beroperasi dalam sistem interpreter. Maksudnya, bahasa baris dari kode bahasa pemrograman ini akan dieksekusi secara otomatis setelah ditulis.

Siapa Saja Yang Menggunakan Python?

Jika Anda adalah seorang pengguna baru Python dan masih skeptis dengan para penggunanya, maka Anda salah besar. Python merupakan bahasa pemrograman yang telah dipakai oleh banyak perusahaan besar. Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang memilih menggunakan Python sebagai bahasa pemrogramannya :

  1. Google merupakan salah satu perusahaan besar yang memakai banyak kode Python dalam mesin pencarinya. Perlu Anda tahu bahwa mesin pencari google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.
  2. Youtube juga menggunakan banyak kode Python untuk merawat situs sharing videonya yang terbesar dan terpopuler di dunia.
  3. Facebook yaitu media sosial terbesar di dunia ternyata juga menggunakan Tornado untuk menampilkan timeline nya. Tornado merupakan framework dari Python.

Bagaimana Cara Menginstall dan Menggunakan Python?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Python bisa bekerja pada berbagai macam sistem operasi baik itu Arch, Windows, Raspberry Pi, Linux, dan masih banyak lagi. Jika ingin belajar Python, Anda tidak perlu menginstall program apapun lagi. Hal ini karena mayoritas sistem operasi telah terinstall compiler dari Python. 

Jika sudah terinstall, Anda bisa melakukan percobaan dengan mencetak teks atau hal yang lain.  Berikut adalah contoh penggunaan Python pada sistem operasi:

Python memang jenis bahasa pemrograman yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Sehingga Anda tidak perlu kesusahan hanya untuk membuat program “Hello World”. Tak heran karena tagline dari developer bahasa pemrograman ini adalah berupaya membuat pengguna Python bisa bekerja lebih cepat dan efektif. Menarik, bukan?

Kata Kunci dan Pengenal (Identifier)

Termasuk dari dasar dasar Python adalah mengetahui kata kunci dan pengenal Python. Berikut adalah penjelasan mengenai kata kunci dan pengenal (Identifier) Python yang akan memudahkan Anda untuk mengingat pola kerjanya:

  • Kata Kunci Python

Kata kunci merupakan kata yang telah ditetapkan dan digunakan Python untuk mendefinisikan suatu sintaks dan struktur bahasa dari python sendiri. Tentunya kata kunci tidak dapat dipakai sebagai fungsi, nama variabel, bahkan nama untuk yang pengenal lain, ya ! 

Adapun kata kunci atau keyword Python bersifat case sensitive, yaitu huruf besar akan selalu berbeda dengan huruf kecil. Hingga saat ini ada 33 kata kunci yang ada di Python. Seluruh kata kuncinya menggunakan huruf kecil kecuali True, False, dan None. Adapun daftar kata kunci dari Python adalah seperti berikut:

  • Pengenal (Identifier) Python

Pengenal merupakan suatu istilah yang diberikan untuk menamai beberapa hal di python seperti fungsi, variabel, kelas, dan masih banyak lagi. Fungsi dari Pengenal ini adalah untuk membedakan satu entitas dengan entitas yang lain. Berikut adalah beberapa aturan dari penulisan tanda Pengenal Python

  • Pengenal biasanya terdiri dari kombinasi huruf kecil (a-z) atau bisa juga huruf besar (A-Z), underscore ( _ ). Seperti contoh  namaKaryawanbilangan_2, dan juga angka ( 0-9), termasuk jenis_kenderaan_umum dan  merupakan contoh nama variabel yang valid.
  • Pengenal tidak dapat dimulai dengan angka. Contohnya 1nama adalah invalid sedangkan contoh nama1 adalah valid.
  • Kata kunci tidak bisa digunakan untuk nama pengenal, jadi harus berbeda.
  • Penggunaan karakter spesial seperti @,!, $, %, dan sebagainya tidak bisa bisa diterima untuk pengenal.
  • Python adalah bahasa pemrograman case sensitive, artinya setiap huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Sehingga Variabelvariabel, dan VARIABEL, adalah contoh dari 3 buah nama yang berbeda.

Cara Membuat Program Python

Setelah mempelajari hal hal diatas, kini saatnya Anda belajar cara membuat program Python. Perlu Anda tahu bahwa contoh dibawah adalah sebagian kecil dari program yang bisa dibuat di Python. Jika Anda tertarik mempelajarinya, Anda dapat mencari program-program Python lain yang lebih advance dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Sintaks

Program Python sintaks bisa dieksekusi secara langsung dengan cara mengetiknya di Command Line. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat file Python dalam server dengan memakai ekstensi.py lalu menjalankannya menggunakan Command Line seperti dibawah ini :

>>> print(“Hello, World!”)Hello, World!

Atau bisa juga dengan langsung memakai Terminal atau CMD seperti dibawah ini:

$ python filePython.py

  • Komentar

Tak berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, Python juga mempunyai kode untuk menjadikan suatu baris program menjadi komentar. Anda hanya perlu memakai tanda pagar ‘#’ untuk menjadikan baris kode menjadi komentar.

# Ini adalah baris komentar di Python.print(“Hello, World!”)

  • Python Identitations

Apabila Anda menulis dengan bahasa Python Indentasi, yang mana penempatan suatu kalimat atau baris kode akan sangat diperhatikan. Python memang selalu menggunakan indentasi untuk mengindikasikan suatu baris kode.

if 9>2 : print (“Sembilan lebih besar dari dua!”)

Namun saat baris kode ditulis dalam satu kolom atau dalam tab yang sama, maka program tersebut Berikut adalah contoh penulisan yang menghasilkan error di Python.

if 9>2 : print (“Sembilan lebih besar dari pada dua!”)

Apakah kini Anda sudah mengerti dasar dasar Python? Pastikan Anda mengerti dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum melangkah ke operasi yang lebih jauh, ya !

Tinggalkan Komentar
Loading Comments