3+ Cara Mematikan Klik Kanan Pada HTML untuk Menghindari Tindakan Copy Paste

3+ Cara Mematikan Klik Kanan Pada HTML untuk Menghindari Tindakan Copy Paste

Admin
Admin・ 18 Januari 2022
8 min read ・ 894 views

Sudah menjadi hal yang umum, saat Anda membuat sebuah artikel, pastinya ada orang yang bukan hanya sekedar membaca artikel tersebut. Namun juga melakukan copy paste artikel untuk tujuan tertentu. Jika Anda merasa terganggu dengan hal tersebut, Anda bisa melakukan cara mematikan klik kanan pada HTML seperti yang akan dibahas berikut ini.

Karena sebagai pembuat artikel, membuat sebuah artikel di website memerlukan kemampuan hingga waktu yang tidak bisa dikatakan mudah dan cepat. Sehingga jika ternyata ada yang melakukan copy paste terhadap tulisan/artikel yang dibuat tanpa sepengetahuan Anda, tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan, bukan?

Cara Mematikan Klik Kanan Pada HTML dan Resikonya

Klik kanan pada HTML seringkali dilakukan oleh para pengunjung web untuk menyalin (copy paste) dari artikel yang ditampilkan dalam web tersebut. Lebih jauh lagi, klik kanan ini juga bisa dilakukan untuk mengambil gambar yang ada pada web tersebut.

Tujuannya tentu saja berbeda-beda, sesuai dengan keinginan masing-masing pengunjung. Misalnya untuk membuat sebuah salinan dalam artikel yang baru. Baik dalam bentuk utuh, maupun yang telah dilengkapi dengan kata-kata sendiri.

Tujuan lainnya tentu saja, untuk melakukan translate (terjemahan) dari bahasa yang satu ke bahasa lainnya. Namun ada juga yang melakukan penyimpanan gambar maupun copy paste tulisan tersebut untuk keperluan kejahatan berupa fishing (pencurian data).

Dimana pelaku kejahatan fishing akan membuat sebuah akun palsu, untuk mencuri sejumlah data yang dimiliki oleh pemilik akun yang sebenarnya. Namun untuk lebih meyakinkan bahwa akun yang dibuat oleh pelaku fishing tersebut adalah asli, salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan memasukkan sejumlah artikel yang telah di-copy paste dari akun asli, ataupun menampilkan gambar yang sebelumnya telah disimpan, dengan melakukan klik kanan, yang dilakukan pada HTML website.

Dengan beberapa alasan tersebut, beberapa pemilik web lebih memilih untuk mematikan klik kanan pada HTML, untuk menghindari berbagai upaya kejahatan. Hanya saja, dengan melakukan cara mematikan klik kanan pada HTML ini ada resikonya tersendiri.

Dimana para pengunjung yang biasanya mengunjungi website Anda, akan mulai berhenti untuk melakukannya lagi. Dikarenakan, mereka tidak bisa melakukan copy paste lagi, terhadap sejumlah artikel yang tersimpan di web tersebut.

Meskipun demikian, hal ini tergantung pada diri Anda sendiri, apakah Anda merasa perlu untuk melakukan cara untuk mematikan klik kanan pada HTML ini, ataukah tidak. Namun jika memang Anda berniat untuk melakukan hal tersebut, maka Anda bisa mencoba cara yang akan dibahas berikut ini.

Ingin Mematikan Klik Kanan pada HTML? Lakukan Cara Berikut Ini!

Mematikan ataupun mengaktifkan klik kanan pada HTML tentunya memiliki resiko masing-masing. Salah satunya yaitu jika Anda mengaktifkan klik kanan tersebut, maka hal ini bisa membuat web Anda rentan mengalami masalah copy paste, bahkan hingga memunculkan kejahatan pencurian data pribadi (fishing).

Sedangkan jika Anda mematikan klik kanan tersebut, maka hal ini mungkin saja akan berpengaruh pada jumlah pengunjung website Anda nantinya, yang mungkin saja akan berkurang, dari yang sebelumnya.

Meskipun demikian, agar website Anda bisa tetap aman, maka ada baiknya jika Anda melakukan cara mematikan klik kanan pada HTML dengan langkah-langkah di bawah ini. Diantaranya:

1.Dengan Menggunakan HTML

Cara mematikan klik kanan pada website/HTML juga bisa dilakukan dengan mengubah HTML itu sendiri. Caranya yaitu dengan menonaktifkan HTML, berikut menu cut, copy, serta opsi paste yang ada pada HTML tersebut.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu mengatur oncontectmenu, kemudian mengatur oncopy, dan onpaste yang dilakukan untuk mengembalikan opsi false yang ada pada tag body. Tampilan pada monitor Anda, akan terlihat seperti berikut ini:

<body oncontextmenu = "return false" oncopy="return false" oncut="return false" onpaste="return false">
  1. Dengan Menggunakan JavaScrift

Bisa dibilang, cara mematikan klik kanan pada HTML dengan menggunakan JavaScrift menjadi cara yang paling banyak digunakan oleh pemilik web. Hal ini mungkin saja dikarenakan, cara ini dianggap sebagai cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Untuk mematikan klik kanan pada HTML dengan cara ini, bisa dilakukan dengan menempellkan kode tertentu pada tag head maupun tag body. Adapun kodenya seperti yang terlihat di bawah ini:

<script type="text/javascript">

  var message="Function right click is Disabled!";

  function clickIE4(){

    if(event.button==2){

      alert(message);

      return false;

    }

  }

  function clickNS4(e){

    if(document.layers||document.getElementById&&!document.all){

      if(e.which==2||e.which==3){

        alert(message);

        return false;

      }

    }

  }

  if(document.layers){

    document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);

    document.onmousedown=clickNS4;

  }else if(document.all&&!document.getElementById){

    document.onmousedown=clickIE4;

  }

  document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false");

</script><!--IE=internet explorer 4+ dan NS=netscape 4+0-->

Selain kode diatas, Anda juga bisa menggunakan kode seperti berikut ini:

<script type="text/javascript">




//Disable cut copy paste

document.oncopy = function(){alert("copy option disabled"); return false;}

document.oncut = function(){alert("cut option disabled");return false;}

document.onpaste = function(){alert("paste option disabled");return false;}




//Disable mouse right click

document.onmousedown = disableclick;

msg = "Right Click Disabled";

function disableclick(e)

{

     if(event.button==2)

     {

     alert(msg);

     return false;

   }

}

</script>

3. Dengan Menggunakan Jquery

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara mematikan klik kanan pada HTML dengan menggunakan Jquery. Adapun caranya yaitu seperti berikut ini. Diantaranya:

A.Download Jquery

Sebelum Anda mematikan klik kanan pada HTML dengan menggunakan Jquery ini, terlebih dahulu Anda harus mendownload file Jquey tersebut. Anda bisa mendownloadnya di Google Playstore. Namun jangan lupa, setelah Anda mendownload file Jquery tersebut, Anda harus meng-copy file tersebut, agar bisa ditempelkan (paste) pada file HTML yang ada di website Anda.

B. Tempelkan File Jquery pada File HTML

Setelah Anda berhasil mendownload hingga menyalin (copy) file Jquery tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu Anda menempelkan file Jquery tersebut pada HTML website Anda. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka pada tampilan HTML yang Anda miliki, akan terlihat seperti berikut ini:

<script src="jquery.min.js"></script>

C. Tuliskan Kode Jquery Pada HTML

Langkah selanjutnya, yaitu Anda tinggal menuliskan kode Jqeury pada HTML dari website tersebut. Kode Jquery yang dimaksud yaitu kurang lebih seperti di bawah ini:

<script type="text/javascript">

$(document).ready(function () {

 

    //Disable mouse right click

    $("body").on("contextmenu",function(e){

        return false;

    });




    //Disable cut copy paste

    $('body').bind('cut copy paste', function (e) {

        e.preventDefault();

    });




});

</script>

Itu dia 3 cara mematikan klik kanan pada HTML yang bisa Anda lakukan, untuk mencegah tindakan copy paste maupun kejahatan pencurian data (fishing). Agar Anda tidak kesulitan dalam menuliskan kode-kode tersebut, ada baiknya Anda menuliskan kode-kode tersebut terlebih dahulu pada buku catatan. Sehingga Anda tidak perlu harus mengingat kode-kopde tersebut di luar kepala. Selamat Mencoba!

Tinggalkan Komentar
Loading Comments