Cara Mengecek Compiler Untuk Menjalankan Kode Program C++

Cara Mengecek Compiler Untuk Menjalankan Kode Program C++

Admin
Admin・ 21 Januari 2022
6 min read ・ 1361 views

Compiler sebagai tools yang digunakan untuk menerjemahkan kode tertentu di dalam komputer untuk menjadi aplikasi. Seperti yang Anda tahu, agar dapat menjalankan kode program, yang ditulis dengan bahasa C++, dibutuhkan yang namanya compiler serta teks editor. Pembahasan ini akan memberikan insight mengenai cara menjalankan compiler hingga cara mengecek compiler berjalan ataupun tidak.

Sebagai aplikasi untuk menerjemahkan kode program compiler memungkinkan untuk menjadikan website serta aplikasi dapat berjalan dengan baik. Dalam bahasa pemrograman C++ memiliki instruksi dengan penulisan kode khusus atau dapat disebut dengan syntax. Kode tersebut misalnya,   atau  . Sehingga dari kode tersebut compiler akan menghasilkan aplikasi file  untuk OS windows.

Dari hasil yang berupa compiler bahasa C++ akan digunakan untuk memproses perintah dalam tulisan bahasa C. Compiler C++ cukup banyak jenisnya, salah satu yang paling sering digunakan, yakni (1) GCC (g++)/ GNU Project, (2) Borland Turbo C++, (3) Microsoft Visual C++, dan (4) Intel C++ Compiler.

Empat Langkah Utama Yang Dijalankan Compiler

Sebagai perangkat lunak, compiler bertanggung jawab atas pengubahan kode program dari bahasa mesin paling dasar menjadi ‘bare metal’ untuk perangkat, hingga memudahkan komputer untuk membacanya.  Dalam prosesnya, programmer menuliskan bahasa program tingkat tinggi (HLL), lalu akan diterjemahkan oleh compiler dalam bentuk kode khusus, untuk dapat dicerna oleh prosesor.

Hasil file penerjemahan compiler sering disebut dengan istilah ‘kode objek’ atau ‘model objek’. Dimana keduanya merupakan kode mesin, agar prosesor dapat melakukan instruksi kapanpun waktunya. Kenapa perlu dilakukan compiler untuk bahasa pemrograman? Tentu hal ini dikarenakan sifat prosesor yang bekerja secara tradisional untuk mengeksekusi kode objek.

Agar dapat menjalankan sebuah program perlu adanya campuran syntax serta lexical, yang di dalamnya terdiri dari bahasa tingkat tinggi berupa variabel, perintah, fungsi, panggilan, dan metode. Semua aspek tersebut, perlu dimasukkan kedalam komputer, agar keberhasilan dapat tercapai.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengecek compiler, Anda perlu mengetahui empat langkah yang dijalankan compiler. Agar Anda dapat memahami informasi ini secara menyeluruh, baca artikel ini hingga selesai!

1.    Scanning/ Pemindaian

Proses pemindai, melakukan pelacakan karakter, berupa kode sumber, secara menyeluruh. Meliputi dalam hal ini, adalah pencarian karakter tertentu  yang terletak di baris tertentu.

2.    Lexical Analysis/ Analisis Leksikal

Compiler akan mengubah urutan karakter ke dalam kode sumber, hingga menjadi token. Nantinya akan ada tabel simbol, untuk menyimpan kode sumber yang sesuai dengan token.

3.    Syntacsis Analysis/ Analisis Sintaksis

Analisis syntax digunakan untuk menentukan, apakah token yang dihasilkan dalam proses analisis leksikal, sesuai dengan urutan pengguna. Urutan yang benar ini diartikan sebagai sekumpulan kata kunci yang dapat menghasilkan hasil paling tepat atau sesuai dengan yang diinginkan. Jadi, compiler perlu memeriksa kode sumber, untuk memastikan kebenaran syntax.

4.    Semantic Analysis/ Analisis Semantik

Proses ini meliputi beberapa perantara. Pertama, struktur diperiksa (meliputi tata bahasa), kemudian akan ditafsirkan oleh parser serta analyzer. Sehingga akan menghasilkan kode perantara atau yang disebut ‘kode objek’.

Empat proses di atas dilakukan compiler untuk menghasilkan kode objek. Dimana kode objek meliputi instruksi, berupa token yang sesuai saat bertemu dalam sebuah program. Alhasil akan ada uraian serta penafsiran untuk memastikan, tindakan pengoptimalan perlu dilakukan ataupun tidak. Apabila diperlukan, maka token akan dimodifikasi sesuai dengan kode objek.

Proses akan berlanjut dengan menghasilkan kode objek terakhir, dan tersimpan dalam file tertentu.

Cara Mengecek Compiler Menggunakan Code::Block

Untuk proses ini, perlu bagi Anda mendownload serta meng-install aplikasi Code::Block dalam perangkat. Karena informasi yang akan disampaikan dalam artikel ini adalah cara mengecek compile dengan menggunakan Code::Bloc ataupun cara meng-compile program bahasa C++ dengan Code::Block.

Sebagai konsepnya, ulasan ini akan terbagi menjadi tiga, yakni (1) membuat file C++, (2) menyimpan file kode program C++, dan (3) cara menjalankan file kode C++ atau mengecek compile code C++. Secara jelasnya, akan dijelaskan sebagai berikut.

●       Membuat File C++

  1. Bukalah aplikasi Code::Block di perangkat, berikut untuk tampilannya.
  2. Lalu klik menu File > New > Empty File ataupun dapat dengan cara menekan kombinasi CTRL+Shift+ N.
  3. Agar dapat langsung mempraktekkan menulis file bahasa C++, ketikkan kode di bawah ke dalam Code:: Block. Kode berikut hanya akan memunculkan teks bertulis ‘Hello Word’.

Untuk diperhatikan bahwa pengetikan kode perlu cermat dan sama persis. Karena bila terjadi kesalahan huruf maupun karakter, maka kode program C++ akan error.

●       Menyimpan File Kode Program C++

Langkah selanjutnya adalah menyimpan file kode program C++. Dimana Anda perlu menyiapkan folder untuk menyimpan kode program C++. Dalam praktik ini, telah tersimpan file kode program C++ dengan nama ‘belajar_cpp’, penamaan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dari langkan sebelumnya, Anda perlu menyimpan file yang terbentuk di tahap sebelumnya.

Cara menyimpan dapat dilakukan dengan menekan CTRL+S ataupun menekan menu File > Save File. Sehingga akan muncul jendela dengan tampilan berikut.

Untuk bahasa pemrograman C++ penyimpanan file akan diakhiri dengan  , ini berlaku untuk semua nama file yang Anda simpan. Saat file telah disimpan, maka akan ditampilkan aplikasi Code::Block kembali. Dan file yang  Anda tulis serta simpan tadi akan terdapat warna-warna. Hal ini merupakan penerapan fitur syntax highlighting dari Code::Block.

●       Menjalankan file kode C++

 Sekarang file kode program C++ yang Anda buat di langkah sebelumnya sudah jadi. Maka, langkah selanjutnya adalah menjalankan kode tersebut, dengan menggunakan teknik compiler untuk C++. Dimana langkah ini terbagi menjadi dua, yakni compile dan run.

  1. Untuk proses meng-compile kode program C++, pilih menu Build > Compile Current File
  2. Tunggu sebentar, sambil melihat catatan proses compile pada tab ‘Build Messages’
  3. Akan ditampilkan keterangan sebagai berikut

Keterangan ini mengartikan proses compile berhasil dan kode program tidak ditemukan error. Nantinya dalam perangkat akan tersimpan dua file, yakni ‘objek file’ dari proses compile dan ‘objek file’ dari proses Compile+Linker. Ini akan menjadi program akhir.

Untuk melihat hasil kode, Anda dapat kembali ke aplikasi Code::Block untuk menjalankan proses Run. Caranya adalah membuka menu Build > Run atau dengan menekan tombol panah hijau.

Nah itu tadi merupakan ulasan tentang menjalankan compile hingga cara mengecek compile untuk bahasa program C++. Anda juga dapat mempraktekkan cara ini dengan menggunakan aplikasi Code::Block di perangkat Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments