Tutorial Mudah! Begini Cara Daftar Akun Developer Playstore

Tutorial Mudah! Begini Cara Daftar Akun Developer Playstore

Admin
Admin・ 4 Februari 2022
7 min read ・ 1707 views

Sebagian seorang developer pemula Anda pasti bingung dan belum mengetahui tentang bagaimana cara mengupload aplikasi android yang telah dibuat ke dalam Playstore. Namun sebelum upload aplikasi android ke dalam playstore maka  developer wajib mendaftar akun pada Google Playstore terlebih dahulu agar bisa mendistribusikan aplikasi yang telah dibuat. Lalu bagaimana cara daftar akun developer playstore.

Sebenarnya cara pendaftaran akun Google Play untuk pihak Developer sangat mudah, dimana nantinya Anda hanya perlu mendaftar pada akun Google, lalu sediakan kartu kredit atau kartu debit untuk melakukan pembayaran dan kemudian mengikuti beberapa langkah pada ulasan berikut ini. Untuk itu yuk simak penjelasan tutorial daftar akun developer selengkapnya berikut ini!

Tutorial Mudah Dalam Cara Daftar Akun Developer Playstore

Agar Anda tidak kebingungan dalam melakukan pendaftaran akun developer atau menciptakan  aplikasi untuk android di playstore, yuk simak ulasannya berikut ini!

1.    Apa Itu Akun Developer Google Play

Perlu Anda ketahui bahwa akun developer Google Play merupakan suatu akun dimana bisa memberikan Anda berbagai kemudahan untuk membuat aplikasi khususnya sistem android yang telah tersedia di Play Store yang ditujukan kepada pengguna sistem android.

Selain itu pihak Google sendiri telah memberikan pedoman dan kebijakan khusus, dimana Anda juga diwajibkan untuk menyiapkan akun developer Anda sendiri agar aplikasi Anda bisa dipublikasikan, artinya Anda bisa membuat aplikasi android sendiri.

Dengan begitu tentunya aplikasi yang telah dibuat akan berada di bawah akun Anda dan tentunya akan memiliki kontrol lebih terhadapnya serta juga bisa mempertahankan branding dari suatu bisnis yang telah dibuat dalam Google Play Store.

2.    Cara Daftar Akun Developer Google Play

Setelah mengetahui hal – hal mengenai akun developer secara umum di Google Play, kini saatnya bagi Anda yang ingin mempublish suatu aplikasi berbasis android yang telah Anda buat tersebut, maka harus memiliki akun developer console dan secara langsung bisa mendaftar pada Google. Namun sebelum itu pastikan Anda sudah memiliki akun Google dan kemudian lanjut pada langkah – langkah cara mendaftar akun developer pada Google Play, berikut kelima langkah – langkah mudah yang bisa Anda ikuti.

A.    Masuk Ke Dalam Menu Pendaftaran Google Play Developer

Langkah awal dalam cara daftar akun developer playstore adalah dengan melakukan pendaftaran untuk akun developer dengan menggunakan akun Google Anda, artinya Anda wajib sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Selain itu Anda juga bisa melakukan sign up secara otomatis dengan akun Google yang sudah Anda miliki pada link berikut https://play.google.com/console/u/0/signup.

Namun jika Anda belum mempunyai akun Google di Android maka sebaiknya mendaftar akun Google di platform tersebut. Selanjutnya jika Anda sudah membuat Akun Google beserta akun developer maka Anda bisa menggunakan Konsol Play untuk merilis atau mempublikasikan aplikasi android yang telah dibuat sehingga bisa secara langsung mengelola aplikasi Anda sendiri. Nah agar Anda bisa mempublish aplikasi android tersebut maka bisa login akun developer console pada link berikut ini https://developer.android.com/distribute/console.

B.    Melakukan Persetujuan Perjanjian Distribusi Pengembang

Setelah melakuka beberapa proses pendaftaran maka selanjutnya Anda akan diminta untuk meninjau dan menerima perjanjian sebagai distributor developer Google Play atau bisa mengecek melalui link berikut ini https://play.google.com/about/developer-distribution-agreement.html. Namun sebelum itu perlu diingat bahwa dalam hal ini Anda harus benar – benar meninjau dengan baik sebelum menyetujui perjanjian yang telah ditetapkan, agar nantinya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

C.     Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran sekitar $25 USD

Setelah Anda menyelesaikan beberapa proses pendaftaran dan melakukan perjanjian distribusi developer maka kini saatnya untuk melakukan biaya pendaftaran. Dimana pada umumnya biaya yang ditetapkan untuk satu kali pendaftaran dalam pembuatan akun developer ini adalah sebesar $25 USD atau sekitar 359 ribu Rupiah jika dalam kurs Rp. 14.367. Sementara untuk penggunaan kartu kredit atau kartu debit maka bisa bisa menggunakan beberapa jenis diantaranya seperti, MasterCard, Visa, American Express, dan Visa Electron.

D.    Harus Melengkapi Profil Akun Pengembang

Pada langkah selanjutnya jika pembayaran via kredit Anda sudah terverifikasi, maka artinya Anda sudah berhasil dalam melakukan pembayaran tersebut dan selanjutnya Anda bisa langsung melengkapi data diri dan berbagai informasi kelengkapan akun profil developer milik Anda.

Serta jangan lupa dalam penulisan nomor telepon pada data diri harus menggunakan format internasional, tentunya Anda harus mengganti angka 0 di depan nomor telepon dengan kode negara +62 (kode telepon internasional untuk wilayah Indonesia).

E.     Lakukan Verifikasi Kartu Identitas (KTP/SIM/PASPOR)

Setelah Anda sudah melengkapi registrasi data diri dengan benar, maka selanjutnya cara daftar akun developer playstore adalah melakukan verifikasi kartu identitas dengan cara memilih klik link “verifikasi id”.

Tidak berhenti disitu selanjutnya Anda harus mengupload kartu identitas seperti KTP/SIM/PASPOR yang masih berlaku, upload gambar beserta tulisan agar bisa terbaca dengan jelas, dan pastikan beberapa dokumen tersebut belum pernah dipakai untuk verifikasi akun google developer lain.

Setelah proses verifikasi selesai dilakukan maka langkah selanjutnya tunggu balasan yang telah dikirim oleh Google melalui email dalam waktu 1 hingga 24 jam. Namun jika proses verifikasi terjadi kegagalan maka Anda masih memiliki kesempatan untuk revisi sekali lagi dan pastikan nama harus tetap sama dengan kartu identitas serta gambar identitas harus diupload ulang dengan jelas.

3.    Cara Merilis Aplikasi Android  di Google Play Developer

Setelah melakukan pendaftaran akun developer maka tentu bertanya – tanya tentang bagaimana cara untuk merilis atau mempublikasikan aplikasi android yang telah Anda buat di Google Play Developer tersebut. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk mempublish aplikasi android tersebut.

  • Langkah pertama setelah masuk pada akun Google Play Developer Console, maka Anda Harus klik tombol yang bertuliskan “Publish an Android App on Google Play
  • Pada langkah selanjutnya pilihlah opsi “Default Language” sesuai bahasa yang Anda inginkan.
  • Kemudian carilah opsi yang bertuliskan “Upload APK” setelah itu download berkas APK yang berasal dari aplikasi yang Anda buat.
  • Setelah berhasil download file APK tersebut maka kini Anda harus masuk ke menu “Store Listing” pada aplikasi yang telah Anda buat, dengan tujuan untuk melengkapi semua informasi mengenai aplikasi tersebut.
  • Setelah itu berlanjut ke proses selanjutnya dimana Anda bisa mengatur model aplikasi yang bisa gratis maupun berbayar serta bisa mengatur negara mana saja yang bisa mengunduh aplikasi yang Anda buat.
  • Langkah terakhir Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian menu Store Listing, APK dan Pricing & Distribution apakah sudah tercentang hijau atau belum, jika sudah maka Anda bisa mempublish dan merilis aplikasi tersebut.

Nah itulah beberapa tips cara daftar akun developer playstore yang wajib Anda ketahui, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments