Mengenal Apa Itu Enkripsi dan Kegunaannya

Mengenal Apa Itu Enkripsi dan Kegunaannya

Admin
Admin・ 5 Februari 2022
6 min read ・ 591 views

Saat ini perkembangan teknologi menjadi semakin canggih dan maju dengan berbagai kemudahan yang juga ditawarkan, sehingga tidak mengherankan kalau segala sesuatu sudah dilakukan secara digital. Walau begitu dengan semakin majunya teknologi maka akan semakin rentan juga data digital kita yang ada. Nah disinilah peran sebuah enkripsi data, tapi sebenarnya apa itu enkripsi ? 

Data dan jejak Anda secara digital tentu sangat penting karena memuat berbagai info mengenai pribadi pengguna dan tentunya tidak boleh sampai bocor, karena apabila sampai bocor maka dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Enkripsi data ada untuk melindungi data digital Anda agar aman dan tidak bisa dicuri oleh orang jahat dan memastikannya terlindungi.

 Apa Itu Enkripsi Data dan Pembahasannya

Mungkin Sebagian orang masih belum mengetahui apa itu enkripsi data, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa itu sangat penting? Berikut adalah pembahasan singkatnya:  

A.     Pengertian Enkripsi

Enkripsi data merupakan proses pengamanan data informasi, Enkripsi ini mempunyai kegunaan yang bisa dibilang cukup penting. Enkripsi data digunakan untuk membuat data informasi Anda aman dengan cara menjadikan data informasi Anda menjadi tidak dapat terbaca apabila tanpa bantuan khusus.

 Dengan adanya enkripsi ini maka hanya Anda sendiri serta pihak yang terlibat saja yang dapat membuka data tersebut. Maka dari itu dengan enkripsi ini, Anda tidak perlu lagi khawatir kalau chat Anda akan disadap atau semacamnya.

Enkripsi data ini sebenarnya adalah sebuah sistem keamanan data yang telah ada sejak lama. Enkripsi data biasanya digunakan dan dimanfaatkan dalam menjaga keamanan data milik sebuah perusahaan hingga negara.

Enkripsi data akan mengamankan data informasi yang terjadi dalam komunikasi antara sebuah negara dengan negara lainnya. Dengan adanya enkripsi ini, maka informasi yang memuat sesuatu penting dapat lebih aman serta terjaga kerahasiaannya.

Untuk saat ini, Enkripsi data banyak digunakan untuk berbagai hal. Anda dapat menemukannya pada platform media sosial yang sering dipakai untuk mengirim sebuah pesan. Tidak Cuma itu, enkripsi data juga digunakan dalam e-commerce serta e-wallet.

B.      Apa Saja Jenis – Jenis Enkripsi

Dengan terus berkembangnya teknologi digital, otomatis teknologi enkripsi juga terus berkembang dan menjadi beragam jenisnya. Berikut adalah variasi enkripsi yang umum dipakai untuk melindungi data pribadi digital baik pada komputer ataupun pada:

  1. Enkripsi Base64

Enkripsi base 64 memakai 6-bit encoding dengan karakter ASII tersebut. Enkripsi Base64 adalah format yang dicetak dengan karakter, dengan begitu membuat binari data yang akan dikirim dalam bentuk email bisa disimpan pada database.

  1. Enkripsi SHA

Enkripsi SHA merupakan serangkaian fungsi cryptographic hash yang diciptakan oleh National Security Agency dari negara Amerika. Jenis enkripsi ini ada tiga jenis yaitu:

  • SHA-0,
  • SHA-1 dan
  • HA-2. SHA-2 yang memanfaatkan algoritma yang sama dengan ringkasan ukuran variabel yang dikenal dengan sebutan SHA-384, SHA-224, SHA-256, dan SHA 512.
  1. Enkripsi MD5

Enkripsi yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa algoritma message digest yang dibuat oleh oleh Ronal Rivest pada tahun 1991. Sebenarnya jenis enkripsi ini adalah perkembangan dari versi sebelumnya yaitu MD4.

Pada kriptografi, MD5 menjadi fungsi hash kriptografik yang dipakai secara masiv dengan hash 128-bit. Biasanya jenis enkripsi ini dipakai digunakan untuk mengetes integritas pada sebuah file

  1. Enkripsi RC4

Enkripsi yang kedua ini diciptakan oleh Ronal Rivest pada tahun 1987, dan merupakan salah satu dari jenis stream cipher, yang bekerja dengan memproses unit data di satu saat. Unit data tersebut biasanya adalah sebuah byte. Pengkodean data bisa dijalankan pada panjang ukuran yang berbeda – beda selain itu enkripsi RC4 didasarkan dari permutasi acak.

C.      Manfaat dari Enkripsi Data

Berdasarkan penjelasan mengenai Enkripsi data di atas, Maka dapat dikatakan kalau apa itu enkripsi harus Anda ketahui karena mempunyai banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pihak yang bersangkutan. Manfaat dari enkripsi yang pertama serta paling utama adalah terjaminnya keamanan dari informasi yang ada.

Ketika sebuah data telah terenkripsi, maka hanya pihak yang bersangkutan saja yang hanya mengetahui bagaimana cara untuk mengotak - ngatik kode tersebut, dan memastikan pihak yang tidak bertanggung jawab tidak dapat masuk. Dengan begitu Anda dapat sedikit lega karena data Anda aman dari penyalahgunaan tersebut.

Manfaat yang kedua adalah mencegah adanya penyadapan percakapan, karena penyadapan dapat terjadi pada telepon dan juga pada email. Karena seperti yang Anda tahu berkomunikasi dengan secara digital jelas memakai data digital juga.

 Apabila jaringan komunikasi tersebut tidak terlindungi, maka mungkin saja ada pihak – pihak lain yang serta mencuri informasi dari komunikasi yang dilakukan. Enkripsi data kemudian bisa menjadikan data lebih terproteksi di saluran percakapan dan komunikasi macam itu.

Manfaat yang ketiga adalah mengamankan pemakaian digital cash. Penggunaan digital cash sedang mengalami kenaikan saat ini seperti pada Bitcoin atau digital cash yang lain. Digital cash semacam itu memerlukan sebuah keamanan yang ketat agar data di dalamnya tetap terjaga.

System Algoritma yang dipakai jelas harus mempunyai tingkat keamanan yang tinggi karena apabila tidak,  maka bisa saja ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menyalahgunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi  atau hal lainnya. Enkripsi data ini bisa digunakan untuk  menambah security data yang ada, dengan begitu flow uang digital tersebut bisa selalu tetap terkontrol serta terjaga pada nilainya.

Cara Kerja Enkripsi

Enkripsi data ini bekerja dengan mengubah data - data informasi yang asli menjadi sebuah data yang sudah diubah menjadi sebuah kode yang tidak bisa dibaca sembarangan dari pihak luar.

Saat memakai sistem keamanan enkripsi, plaintext nantinya akan diolah menjadi sebuah chipper text. Untuk Anda yang belum tahu, Ciphertext merupakan sebuah plaintext yang telah dimodifikasi menjadi  sebuah kode tertentu yang hanya dapat dibaca oleh user atau pemilik nya. Orang luar yang mau membuka informasi itu tentu tidak akan dapat membaca plaintext itu.

Untuk melakukan enkripsi Anda dapat memakai public key ataupun private key. Dengan menggunakan Kedua jenis kunci tersebut, maka dapat hanya dapat dibuka oleh pihak yang terlibat. Dengan begitu Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat membuka dan mengakses kunci tersebut.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai apa itu enkripsi, jenis, dan manfaatnya. Tanpa adanya enkripsi ini maka data digital seseorang menjadi rentan disusupi dan disalahgunakan. Maka dari itu penggunaan enkripsi ini sangat penting.

 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments