Apa Itu Float dan Double Float? Begini Penjelasannya!

Apa Itu Float dan Double Float? Begini Penjelasannya!

Admin
Admin・ 3 Februari 2022
7 min read ・ 1037 views

Agar Anda dapat menguasai bahasa pemrograman dengan lebih lengkap dan bisa melakukan pemrograman dengan lebih mudah dan akurat, sebaiknya Anda pahami dahulu apa itu float dan double float.

Float dan double float ini merupakan dua jenis tipe data floating point yang berfungsi dalam menampung nilai real yang berupa desimal atau pecahan. Agar Anda bisa mengenal kedua jenis ini simak ulasan di bawah ini dengan baik.

Mengenal Apa Itu Float?

Float merupakan Datatype floating-point. Di mana data type jenis float ini memiliki penyimpanan hingga 3-2 bit atau setara dengan 4 byte khusus variable  jenis float. Selain itu, tipe data float melakukan penentuan terhadap presisi bersifat tunggal.

Perincian representasi 32 bit dalam float dijabarkan sebagai 1 bit direpresentasikan dengan bit tanda, selanjutnya ukuran 8 bit direpresentasikan  sebagai eksponen, serta  23 bit sebagai representasi mantissa.

Nilai Kisaran maksimum untuk tipe float di antaranya dengan angka 1.4e-045 sampai dengan angka 3.4e + 038.

Tipe Float terbilang kurang akurat atau tepat dalam melakukan perhitungan matematis. Hal ini dapat Anda lihat sebagai contoh berikut ini.

#include #include int main () {float num1 = sqrt (65.23) cout << num1; } // output 8.00061

Dengan kode di atas, bisa Anda amati fungsi sqrt memberikan nilai pada variabel float num 1 dengan mengembalikannya akar kuadrat yang berasal dari nilai yang diteruskan pada fungsi. 

Dengan pengamatan di atas, pada nilai num 1 yang dicetak mendekati nilai yang tepat padahal hitungannya tidak akurat.

Nah itulah pembahasan terbaik datatype float lalu bagaimana dengan double float? Disimak penjelasannya di bawah ini.

Lalu, Apa itu Double Float?

Jika tadi membahas datatype float maka sekarang membahas terkait double float. Seperti float, double float ini merupakan jenis data floating-point yang kedua.

Dimana penyimpanan double float memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan jenis float di atas.

Double Float merupakan datatype ganda dengan ukuran penyimpanan senilai 64-bit angka yang setara atau sama dengan 8 byte terkhusus variabel tipe ganda.

Tentu saja dengan angka ukuran penyimpanan ini menentukan presisi ganda dengan adanya ukuran dua kali lipat dari type float.

Dengan angka ukuran penyimpanan di atas, maka dapat direpresentasikan secara rinci yang di antaranya angka 52 bit sebagai perwakilan mantissa, 11 bit sebagai eksponen, dan 1 bit perwakilan bit tanda.

Jika Anda bertanya perihal jenis atau tipe mana yang umum digunakan tentu saja jawabannya type double float. Hal ini dapat diketahui dari ukuran penyimpanannya.

Tak hanya itu, jenis double float ini dapat digunakan dengan baik dalam perhitungan matematika serta kebutuhan akurasinya pun terbilang sempurna.

Matematika yang dimaksud adalah fungsi matematika berupa sin (), cos (), dan sqrt () yang dapat mengembalikan nilai ganda.

Bisa Anda lihat keakuratan jenis data double float yang dijabarkan pada ulasan di bawah ini. Mari kita memahami keakuratan data type ganda dengan sebuah contoh.

#include #include int main () {double num1 = sqrt (64.23) cout << num1; } // output 8.0143621

Pada contoh diatas, Anda dapat melihat bagaimana output yang dapat diperoleh dalam contoh, di mana output yang diperoleh pada contoh di atas menjelaskan perolehan  float  ganda. Maka dengan ini, dari contoh di atas bisa dikatakan hasil yang diperoleh dari tipe data double float atau ganda memiliki hasil yang lebih akurat.

Apa Itu Float dan Double Float pada Perbedaannya?

Dari penjelasan diatas dapat kita jabarkan perbedaan-perbedaan yang ada pada float dan double float yakni di antaranya sebagai berikut ini:

1.    Akurasi data Float

Jenis data float melakukan penentuan presisi tunggal, sehingga jika dibandingkan dengan dua kali lipat, akurasi data float terbilang kurang. 

Berbeda dengan jenis double data atau ganda yang menentukan presisi ganda karena  yang dapat diabaikan float kesalahannya hanya dua kali lipat daripada dengan jenis float.

2.    Variable Ukuran Penyimpanan

Untuk jenis data float memiliki variable ukuran penyimpanan sebesar dengan 32 bit atau jika disetarakan dengan ukuran float C++ maka memiliki ukuran 4 bytes.

 sedangkan variable data double float memiliki ukuran dua kali lipat dari float yakni 64 bit atau disetarakan dengan Double C++ memiliki ukuran 8 bytes. Hal inilah yang menjadikan data ganda lebih besar penyimpanannya.

Serta nilai yang ada pada float hanyalah berkisar 1.4e-045+ 038, sementara itu nilai pada double float memiliki angka dari 4,9e-324 hingga dengan 1.8e+ 308.

3.    Keakuratan Perhitungan

Keakuratan pada float ganda lebih akurat dibandingkan dengan jenis float. Sehingga sangat tepat jika Anda menggunakan double float untuk perhitungan matematis ganda dibandingkan dengan float.

4.    Presisi Data

Presisi data untuk jenis double data memiliki angka pesisi lebih besar dibandingkan dengan jenis  float.  Seperti yang telah dijelaskan ukuran  jenis float ini memiliki 32 bit IEEE 754 dengan presisi tunggal floating point number bit dengan ini jenis float memiliki angka 7 desimal digit.

5.    Penggunaan dengan Java

Saat Anda menggunakan jenis float dengan java pada msns flos, maka dalam mendeklarasikannya Anda tak perlu type cast, sebagai contohnya:

float fnum = 2.344f; atau float fnum = (float) 2.344;

maka dengan ini, jenis double float dalam penggunaan Java memiliki jenis titik desimal default yaitu dnum ganda = 2,344;

6.    Penyimpanan Memori

Perbedaan pada float dan double float yang terakhir adalah penyimpanan memorinya. Di mana jenis float dengan presisi yang tinggi tidak akan dibutuhkan dan programnya pun hanya membutuhkan ruang penyimpanan data yang terbilang hemat sebab hanya  sejumlah angka desimal yang disimpan.

 Tak hanya hemat penyimpanan pada memori, Anda pun akan lebih hemat biaya.

Sedangkan tipe data double float merupakan kebalikannya di mana double float lebih memakan biaya dan menguras penyimpanan sebab bisa menempati lebih banyak ruang, namun lebih efektif jika Anda membutuhkan banyak presisi.

Seperti dalam laporan keuangan, transaksi keuangan, konversi mata uang, perhitungan ilmiah, dan hal lainnya.

Lebih singkatnya perbedaan apa itu float dan double float agar Anda bisa memahaminya dengan mudah di antaranya sebagai berikut ini.

Perbandingan

Data Float

Double Float

Presisi

Presisi tunggal

Presisi ganda atau dua kali lipat

Bits

32 bit

62 bit

Bytes

4 bytes

8 byte

Perkiraan Kisaran

1.4e-045—3.4e + 038

4.9e-324—1.8e + 308

Representasi Bits

1 bit sebagai bit tanda.
8 bit sebagai eksponen.
23 bit sebagai mantissa.

1 bit sebagai bit tanda.
11 bit sebagai eksponen.
52 bit sebagai mantissa.

Ketepatan Hitungan

Kurang Tepat

Lebih Tepat dan Akurat

Dengan tabel  apa itu float dan double float terhadap perbedaan yang pada tabel di atas, maka Anda dapat menyimpulkan jenis data mana yang lebih tepat dan sesuai untuk Anda gunakan dalam bahasa pemrograman.

 

Tinggalkan Komentar
Loading Comments