Inilah 5 Perbedaan Javascript dan Python

Inilah 5 Perbedaan Javascript dan Python

Admin
Admin・ 16 Januari 2022
6 min read ・ 1021 views

Python dan JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi namun cukup sederhana dalam hal bahasa pemrogramannya. Masing-masing adalah kandidat teratas untuk bahasa pemrograman terbaik. Jika masih bingung akan perbedaan keduanya, Anda bisa menyimak perbedaan Javascript dan Python berikut ini.

Java Script dan Python memiliki spesialisasi dan kelebihan kekurangan masing-masing. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan belajar yang mana dulu, bukan?

Inilah Perbedaan Javascript dan Python

Sebelum mengetahui perbedaan Javascript dan Python, ada baiknya Anda memahami dulu pengertian dari keduanya. Berikut adalah pengertian dari Java Script dan Python :

Apa itu JavaScript??

JavaScript merupakan bahasa pemrograman web spesialis yang sengaja dirancang untuk membuat aplikasi berbasis jaringan. Java Script merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dan populer. Salah satu keunggulan dari Java Script adalah ia tidak membutuhkan teknologi server.

Perbedaan Javascript dan Python

Keunggulan lainnya adalah dari bahasa browser web. Aspek hubungan dengan browser inilah yang menjadikan JavaScript menjadi salah satu bahasa pemrograman web paling banyak digunakan di dunia. Hal lain yang paling unik dari JavaScript adalah penggunanya mudah menyelesaikan suatu project bahkan tanpa tahu banyak tentang bahasa atau pemrogramannya. User friendly, bukan?

Sayangnya, lingkup dari Java Script sangatlah terbatas. Sehingga user tidak bisa mengakses informasi eksternal, baik untuk klien maupun server. Anda harus menggunakan teknologi berbasis server lain seperti CGI, PHP, dan sebagainya untuk mengerjakan project yang lebih kompleks.

Apa itu Python?

Python merupakan jenis bahasa pemrograman komputer multiparadigma tingkat tinggi yang biasa digunakan untuk pemrograman tujuan umum. Jenis ini mirip dengan bahasa lain scripting seperti Perl, PHP, Ruby, dan bahasa lainnya yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi web dan desktop.

Python merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak kedua digunakan setelah R. Umumnya, python dipakai dalam ilmu data dan digunakan sebagai bahasa open source yang digunakan untuk keterbacaan kode, kualitas perangkat lunak, dan produktivitas programmer.

Inilah yang dikatakan sebagai ekosistem pemrosesan data yang tumbuh dengan tujuan umum tak tertandingi dan selalu ada perbaikan dalam tiap periodenya. Python juga disebut sebagai bahasa pemrograman dengan pertumbuhan tercepat yang dipakai untuk program mandiri dan aplikasi skrip dalam berbagai domain. Nilai jual dari Python utamanya terletak di bahasanya dan operasionalnya yang sangat mudah digunakan untuk pemula.

Inilah Perbedaan Javascript dan Python

Setelah mengetahui pengertian Javascript dan Python, kini saatnya Anda mengetahui beberapa perbedaan keduanya. Adapun perbedaan Javascript dan Python adalah sebagai berikut :

1.     Dasar-Dasar Python Vs. Javascript

JavaScript merupakan jenis bahasa pemrograman web spesialis yang kuat dan yang paling umum digunakan sebagai bahasa skrip pada sisi klien. Java Script merupakan salah satu teknologi inti dari World Wide Web yang berfungsi untuk membuat situs web yang dinamis termasuk menyediakan interface pengguna yang selalu ditingkatkan. Pada dasarnya Java Script dipakai untuk pengembangan web.

Sedangkan Python adalah jenis dari bahasa scripting seperti Perl, PHP, Ruby, yang biasa dipakai untuk developing aplikasi desktop dan web yang bisa digunakan hampir di seluruh tempat. Mudahnya, JavaScript merupakan satu-satunya bahasa kelas satu pada web browser, dengan Python yang dikecualikan.

2.     Bahasa Pemrograman

Perbedaan Javascript dan Python

Perbedaan lain yang sangat mencolok dari keduanya yaitu Python dengan bahasa pemrograman Server Side yang memakai indentation serta whitespace untuk menampilkan blok kode. Sedangkan JavaScript merupakan jenis bahasa pemrograman Client Side yang menggunakan tanda buka kurung "{" dan tutup kurung kurawal "}" untuk menampilkan suatu blok kode.

3.     Argumen fungsi

Perbedaan Javascript dan Python berikutnya adalah argumen fungsi. Python memiliki suatu fungsi yang disebut saat salah memasok jumlah argumen atau saat menggunakan parameter yang salah. Jika terjadi demikian, Python otomatis akan memunculkan pengecualian saat fungsi tersebut dipanggil.

Hal ini berarti suatu jenis argumen aktual tidak akan diketahui hingga fungsinya dipanggil. Setiap pengecualian pada Python selalu dilengkapi dengan pesan kesalahan khusus.

Adapun sisi lain dari fungsi Javascript adalah untuk mengambil jumlah argumen acak dan tak terbatas yang bisa diakses menggunakan objek argumen. Jenis bahasa pemrograman ini tidak peduli apakah fungsinya akan dipanggil dengan parameter yang benar atau tidak. Jika suatu variabel yang menunjuk ke objek tidak ada, maka hal itu bisa dikatakan tidak terdefinisi.

4.     Mutabilitas dari Python dan JavaScript

Perbedaan Javascript dan Python

Seluruh data pada Python bisa direpresentasikan sebagai objek. Adapun beberapa di antaranya juga bisa diubah yang berarti konten tersebut bisa diubah bahkan tanpa mengubah identitasnya. Mutable berarti suatu objek memungkinkan untuk dimodifikasi setelah dibuat ataupun sebaliknya. Jika tidak bisa diubah maka nilainya tidak dapat diubah pula.

Tentunya seluruh objek dalam Python ada yang bisa berubah dan ada juga yang tidak bisa berubah. Adapun jenis objek seperti list, set, dan dict bisa berubah, sedangkan untuk tuple, int, bool, Unicode merupakan contoh objek yang tidak bisa berubah. Pada hal ini, hanya objek dan array yang dapat berubah dalam JavaScript, dan bukan nilai yang primitif. 

5.     Kelebihan Kekurangan Java Script dan Python

Agar proporsional, tentu Anda harus memahami pula kelebihan dan kekurangan dari Python dan Java Script. Berikut ini adalah dua kelebihan menggunakan Java Script:

  • Pemrograman Java Script lebih Independen, yaitu platform tidak bergantung pada platform yang dikenalnya, dan kode Java Script bisa dengan cepat berpindah pada berbagai sistem operasi.
  • Java Script lebih aman jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman komputer lainnya.

Adapun dua kelemahan penggunaan Java Script adalah sebagai berikut:

  • Verbose yang berarti terlalu banyak kata untuk menggambarkan masalah sederhana. Java Script meminta kode yang berlebihan untuk menyelesaikan tugas sederhana.
  • Java dikatan mempunyai kinerja buruk karena beberapa alasan seperti konfigurasi caching yang salah, opsi pengumpul sampah, dan kebuntuan utas.

Berikut ini adalah dua keuntungan paling utama saat memakai Python:

  • Python digemari banyak pemula yang belajar pemrograman karena bahasanya yang mudah digunakan dan mudah dipahami (user friendly) Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, hanya diperlukan bahasa minor pada Python untuk sampai pada titik yang sama.
  • Python merupakan jenis bahasa pemrograman yang sangat mudah beradaptasi dengan sistem operasi dan perangkat lunak yang lain.

Adapun dua kelemahan menggunakan Java Script adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda bertanya kepada bahasa pemrograman lain, sebagian besar akan setuju bahwa Python memang tidak direkomendasikan untuk mengembangkan aplikasi seluler, baik itu di Android maupun iOS yang tidak mendukung Python.
  • Python mempunyai Global Interpreter Lock (GIL). Dalam Python, hanya ada satu thread yang bisa bekerja secara bersamaan, yang membuat kalangan programmer tingkat lanjut sudah yang terbiasa akan frustasi dengan bahasa lain.

Dengan mengetahui perbedaan Javascript dan Python akan membantu Anda memahami kepentingan dan kebutuhan masing-masing bahasa pemrograman tersebut. Jadi, apakah Anda sudah memutuskan akan menggunakan Java Script atau Python?

Tinggalkan Komentar
Loading Comments