Yuk, Kenali Apa Itu Magento CMS!

Yuk, Kenali Apa Itu Magento CMS!

Admin
Admin・ 10 Februari 2022
7 min read ・ 610 views

Magento merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh para tokoh e-commerce. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir soal keuntungan yang didapat dari penggunaan aplikasi ini.  lalu, sebetulnya apa itu Magento CMS? Mau tahu? Simak ulasannya, ya!

Apa itu Magento CMS? Ini Pengertiannya

Magento CMS adalah website application dengan basis CMS atau Content Management System yang biasa digunakan untuk penjualan online atau e-commerce, sehingga akan sangat cocok untuk Anda gunakan usaha usaha bisnis marketing Anda.

Aplikasi Magento CMS diciptakan dengan menggunakan Zend Framework, serta database menggunakan Entity-Attribute-Vale (EAV).  Tak sampai di sana, Magento sendiri sudah meluncurkan aplikasi ecommerce untuk basis mobile.

Fitur-fitur  yang Ada pada Magento

Magento CMS dibuat dengan sedemikian rupa untuk nilai kegunaannya.  Sehingga dengan ini Anda bisa menggunakannya dengan lebih maksimal.

Jika Anda bertanya mengenai fitur apa saja yang ada pada aplikasi Magento berikut ini merupakan fitur-fitur yang ada pada Magento CMS

Site Management

Pada fitur site management, Anda dapat melakukan pengaturan dari bagian admin untuk situs manajemen.

Order Management

Pada fitur order management Anda bisa melakukan pengaturan order terhadap admin

Catalog Browsing

Pada fitur catalog browsing terdapat sistem navigasi yang terbilang mudah. Di mana pada fitur ini terdapat penyaringan produk dan pencarian produknya secara lebih detail.

Product Browsing

 Di mana pada fitur product browsing ini, Anda dapat menemukan beberapa gambar untuk produk Opsi yang diulas secara luas, daftar wishlist dan lainnya terkait  produk toko tersebut.

Analytics and Reporting

Anda bisa melakukan analisis terhadap bisnis Anda dengan fitur ini. selain itu, fitur ini pun sudah terintegrasi dengan Google Analytics dan telah memiliki beberapa jenis laporan

Payment

Di mana pada fitur ini Anda bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda di antaranya Anda bisa melakukan metode pembayaran seperti kartu kredit, PayPal, Authorize.net dan metode lainnya

Shipping

 Fitur shipping ini adalah fitur yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengiriman ke beberapa alamat

International Support

Pada fitur International Support Anda bisa menemukan list negara yang diizinkan untuk melakukan pendaftaran, pembelian hingga pengiriman pada aplikasi tersebut.

Marketing Promotions and Tools

Pada fitur satu ini memiliki fungsi dalam pemberian kupon ataupun diskon.

Checking

Pada fitur checking digunakan untuk melakukan checkout pesanan para kostumer

Mobile Commerce

Pada fitur mobile Commerce Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut pada mobile phone dengan basis iOS

Tools untuk Product Suggestion

 Di mana pada tool fitur ini Anda bisa menemukan tools ratings dan reviews pada product yang diberikan oleh customer yang dapat digunakan untuk evaluasi para admin.

Pengaturan Search Engine Optimization

Terakhir setting SEO di mana Anda bisa melakukan setting terkait SEO.

Keunggulan Magento CMS

Apa itu Magento CMS pada keunggulannya? Jika Anda menggunakan Magento CMS, Anda bisa menemukan beberapa keunggulan di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1.    Fitur yang Super Lengkap

Keungulan pertama ialah adanya fitur yang sudah super lengkap. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada Magento CMS ini terdapat banyak fitur seperti pencarian atau penyortiran yang didasarkan pada ragam kategori, jumlah pemesanan yang tidak terbatas, pemilihan metode pembayaran yang terbilang lengkap, pemilihan bahasa hingga mata uang hingga fitur yang memungkinkan pengguna dapat melihat stok produk.

2.    Keleluasan dalam Kostumisasi

Memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan kustomisasi website. Sebab Magento didukung oleh banyak fitur ekstensi, beragam template menarik yang mampu responsif saat digunakan pada desktop ataupun mobile, dan tema yang cukup stylish.

3.    Komunitas yang Besar

Tak hanya itu, komunitas yang besar ini pun terbilang memiliki hubungan yang solidaritas dan saling mendukung. Bagi Anda yang merasa mengalami kendala, Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya ataupun angota lain.

4.    Basis Keamanan yang Tinggi

Terakhir keunggulan yang bisa Anda peroleh dari platform Magento ini yakni adanya basis kemananan. Magento memiliki patch keamanan reguler sehingga rutin melakukan pembaruan. Tak heran, jika Magento menjadi platform e-commerce yang memiliki sistem kemanan tinggi dan terbaik.

Tak hanya itu, Anda pun bisa melakukan instalasi aplikasi ini secara offline, ragam pilihan server seperti Apache Stand Alone dapat Anda gunakan.

Cara Menggunakan Magento CMS

Lalu, bagaimana cara menggunakan Magento CMS? Terdapat beberapa pertahapan dalam menggunakan Magento seperti menyiapkan halaman baru, menambah produk, metode pembayaran hingga metode pengirimannya, berikut di bawah ini kami jabarkan.

1.    Menyiapkan Halaman Baru

Tahap yang pertama dalam menggunakan Magento CMS, Anda perlu menyiapkan halaman baru terlebih dahulu. Di mana dalam menyiapkan halaman baru ini, Anda bisa langsung beralih pada dashboard admin.

Setelah masuk pada dashboard admin, klik opsi conten pada bagian kiri di panel, lalu klik pages dan Add New Page.

Setelah masuk di Add New Page silahkan ketik Page title, dan Anda bisa langsung mengustomisasi halaman yang didasarkan oleh beberapa opsi mulai dari Content, Search Engin Optimaztion, Page in Website hingga Costum Design. 

Setelah  melakukan perubahan atau menyiapkan halaman baru jangan lupa Anda mengklik opsi Simpan, ya! cara yang sangat mudah bukan untuk menyiapkan halaman baru ini?

2.    Menambahkan Produk

Selanjutnya, Anda bisa melakukan penambahan produk dalam penggunaan platform Magento, caranya sangat mudah.

Pertama Anda bisa mengklik Catalog selanjutnya pilih Products atau ikon panah bawah yang dapat Anda gunakan dalam memilih kategori atau jenis produk yang akan Anda jual.

Selanjutnya, silahkan isikan informasi penting mengenai produk yang Anda jual seperti Nama barang, harga SKU, kategori bahkan Anda pun bisa menyisipkan berat barang tersebut.  Hal ini agar memudahkan si pelanggan mencari info detail terkait produk tersebut.

Selanjutnya, silahkan Anda menyesuaikan pengaturan lainnya mulai dari penambahan foto ataupun video produk, meta tittle, hingga deskripsi untuk SEO. Selain itu, Anda pun bisa  mempersonalisasikan Desain Tata Letaknya, untuk mempercantik produk yang dijual, jangan lupa  simpan perubahan.

3.    Menyiapkan Metode Pembayaran

Setelah Anda menambahkan produk, tentunya Anda tidak boleh melewatkan untuk mempersiapkan metode pembayaran yang dilakukan. Bahkan, pembayaran magento ini tidak hanya bisa dilakukan secara online tapi juga offline.

Sehingga proses pembeliannya pun menjadi lebih mudah. Untuk melakukan pengaturan metode pembayaran ini, Anda bisa membuka pengaturan bagian Sales lalu klik Payment Methods silakan ikuti arahan selanjutnya dengan benar, ya!.

Setelah melakukan konfigurasi metode pembayaran Anda harus menyimpan konfigurasi tersebut.

4.    Menyiapkan Metode Pengiriman

Setelah tahap metode pembayaran sekarang Anda pun harus melakukan pengaturan pada metode pengiriman dalam menggunakan Magento ini.

Caranya hampir sama dengan yang tadi Anda bisa membuka konfigurasii sales lalu klik opsi Shipping Methods, silahkan lakukan pengaturan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Nah itulah, pembahasan terkait apa itu Magento CMS dengan lebih dalam. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar
Loading Comments